Bioskop Akan Buka 29 Juli, Bagaimana di Jawa Barat?

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Senin, 13 Jul 2020 19:56 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Foto: Yudha Maulana
Bandung -

Bioskop se-Indonesia mewacanakan akan kembali buka pada 29 Juli 2020. Gubernur Jabar Ridwan Kamil menegaskan bioskop di Jabar belum boleh beroperasi.

"Hasil kajian, gugus kota kabupaten belum dulu mengijinkan kegiatan yang sifatnya indoor seperti bioskop," ucap pria yang akrab disapa Kang Emil usai rapat koordinasi di Makodam III Siliwangi, Jalan Aceh, Kota Bandung, Senin (13/7/2020).

Kang Emil mengatakan belum bolehnya kegiatan yang sifatnya indoor lantaran berdasarkan hasil kajian, virus Corona lebih cepat menyebar di ruangan tertutup.

"Hasil kajiannya, virus cepat menyebar di ruang tertutup yang tidak berventilasi. Dorpletnya muter muter disana. Kalau ada ventilasi maka dia terbawa suhu panas dari luar, maka droplet bisa hilang," kata dia.

"Mal bisa buka tapi bisokop ditahan dulu, karoke ditahan dulu," ujar Emil menambahkan.

Sebelumnya, keputusan bioskop kembali beroperasi sudah ditetapkan. Bioskop di seluruh Tanah Air sudah dapat membuka layar per tanggal 29 Juli 2020.

Hal ini disampaikan Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) dalam pernyataan resminya. Dibukanya bioskop disesuaikan dengan Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) dan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

(dir/ern)