Belajar Daring Siswa SD di Tasikmalaya Ini Dibagi Zonasi per RT

Deden Rahadian - detikNews
Senin, 13 Jul 2020 15:33 WIB
tahun ajaran baru di sd tasikmalaya
Foto: Deden Rahadian
Tasikmalaya -

Di tengah pandemi covid 19, Tahun ajaran baru 2020-2021 mulai dilaksanakan, Senin (13/7/2020). Puluhan siswa kelas 1 Sekolah Dasar Negeri Bukit Dago, Tasikmalaya, Jawa Barat datang ke sekolah.

Selain pengenalan sekolah dan guru untuk anak didik baru, pihak sekolah juga melaksanakan sosialisasi belajar di rumah. Sayangnya banyak siswa dan orang tua yang abai gunakan masker hingga akhirnya diberikan masker oleh sekolah.

Meski tahun ajaran baru dimulai, namun kegiatan belajar mengajar secara tatap muka belum digelar. Rencananya, sekolah akan melaksanakan pembelajaran dengan zonasi per-rukun tetangga (rt). Siswa yang berasal dari satu rt dikumpulkan secara kelompok untuk diajari di rumah ketua rukun tetangga.

"yah saat ini ada surat dari dinas dan bupati bahwa KBM masih daring dilakukan belajar di rumah. Pembelajaran diawasi oleh guru ke rumah masing masing. Nanti ada sistem Zonasi Per RT untuk belajar kelompok karena kalau satu satu siswa susah akan lama," ucap Dudung, Kepala Sekolah SDN Bukitdago, Tasikmalaya di Kantornya.

Keterbatasan ekonomi dan teknologi membuat sekolah daring tidak bisa digelar. Banyak siswa yang tidak memiliki handphone atau laptop serta koneksi internet untuk belajar jarak jauh

"Belajar Daring sangat sulit karena faktor ekonomi, enggak semua ortu punya android. Jadi guru ajar siswa ke rumah siswa," tambah Dudung.

Meski bingung harus sekolah di tengah pandemi COVID-19, orang tua siswa baru tidak memiliki pilihan lain. Mereka tetap menyekolahkan anaknya karena faktor usia. walau harus belajar di rumah secara kelompok akibat ketiadaan alat untuk pembelajaran daring.

"Kami enggak bisa daring karena fasilitas juga enggak ada. Maka kita kepaksa ajah ikut belajar nemenin anak kelompok. Anak-anak yang penting jangan main di luar rumah sampai jam sebelas atau pas jadwal sekolah," ujar Nur, Ortu siswa kelas 1 SDN Buktidago.

Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya memastikan proses tahun ajaran baru 2020 /2021 di laksanakan sesuai. Protokol kesehatan selama penerimaan siswa baru juga dijalankan dengan baik.

Namun proses belajar mengajar secara tatap muka masih belum bisa dilakukan karena kabupaten Tasikmalaya masih zona biru.

"Yah belajar masih dari rumah. Kita monitoring ini pelaksanaan tahun ajaran baru hari pertama bagaimana. Adakah protokol kesehatan atau tidak," ujar Awang, petugas monitoring tahun ajaran baru Pemkab Tasikmalaya.

Orang tua, siswa dan guru berharap agar proses belajar mengajar bisa dilakukan tatap muka. Apalagi, banyak kecamatan yang sebenarnya tidak ditemukan kasus positif covid 19.

Tonton video 'Sekolah di Jambi Dibuka, Sebagian Siswa Mulai Belajar':

(ern/ern)