Genjot Kunjungan Wisatawan, Puluhan Armada Bus Konvoi ke Pangandaran

Dadang Hermansyah - detikNews
Sabtu, 11 Jul 2020 14:01 WIB
armada bus konvoi ke pangandaran
Foto: Dadang Hermansyah
Ciamis -

Sektor Pariwisata wilayah Priangan Timur (Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar dan Pangandaran) berusaha bangkit di saat adaptasi kebiasaan baru (AKB). Sebanyak 24 Perusahaan Otobus (PO) melakukan sosialisasi dengan konvoi puluhan armada bus menuju Wisata Pangandaran, Sabtu (11/7/2020).

Pantauan detikcom, rombongan armada bus dari Tasikmalaya masuk ke Ciamis dijemput Bus Gatrik. Lalu berkumpul di halaman Turis Infomasi Center (TIC) Ciamis. Rombongan bus kemudian dilepas oleh Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra. Mereka tergabung dalam Ikatan Perusahaan Otobus Priangan Timur (IPOPTI).

Ketua IPOPTI Ciamis Yosep Purnama mengatakan konvoi ini sebagai bentuk sosialisasi untuk membangkitkan kembali pariwisata. Mengingat selama Pandemi 5 bulan lalu, para pelaku wisata terpuruk karena usahanya tidak berjalan, termasuk perusahaan otobus.

"Ini untuk sarana sosialisasi ke masyarakat bahwa wisata di new normal ini sudah bisa dilaksanakan lagi. Tapi dengan menerapkan protokol kesehatan," ujar Yosep.

Yosep mengakui ekonomi pelaku wisata terutama PO Bus hampir lumpuh. Karena berkaitan dengan mengandalkan obyek wisata yang tutup dan pusat oleh-oleh. PO Bus di Priangan timur berharap pariwisata bisa kembali berjalan, sehingga perekonomian kembali bangkit.

Selain konvoi, PO Bus juga memiliki beberapa strategi untuk menarik para penumpang wisata. Mulai dari diskon disesuaikan dengan kondisi saat ini. Kemudian menyasar pecinta sepeda ke lokasi wisata, dengan cara memodifikasi bus agar sepeda bisa masuk bersama penumpangnya.

"Memang sasaran kita adalah masyarakat umum. Karena kalau mengandalkan studi tur, kondisi anak sekolah sekarang masih libur. Semoga ke depan wisata bisa bangkit namun tetap mencegah COVID-19 dengan merapikan protokol kesehatan," katanya.

Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra menuturkan dengan konvoi yang dilakukan PO Bus di Priangan timur ini, menjadi motivasi untuk bangkitnya pariwisata khususnya di Ciamis. Yana mengingatkan kepada pelaku usaha untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Karena sampai saat ini pandemi COVID-19 belum berakhir.

"Kami, Pemkab Ciamis tentunya terbuka bagi investor siapa saja yang akan berinvestasi di Ciamis terutama untuk mengembangkan wisata. Kami juga ada Badan Promosi Pariwisata, pun dengan perusahaan Otobus bekerjasama dengan baik untuk terjalin simbiosis mutualisme," pungkasnya.

(ern/ern)