Klaster Pusdikpom TNI AD, 263 Orang Bakal Jalani Swab Test

Whisnu Pradana - detikNews
Jumat, 10 Jul 2020 23:05 WIB
Pusdikpom Kodiklat AD
Pusdikpom TNI AD di Kota Cimahi, Jawa Barat. (Foto: Whisnu Pradana/detikcom)
Cimahi -

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Cimahi melakukan tracing kontak erat dari personel TNI di Pusdikpom Kodiklatad yang terkonfirmasi positif Corona. Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi Chanifah Listyarini mengungkapkan pihaknya sudah dua kali melakukan kontak tracing di lingkungan Pusdikpom TNI.

Pada tracing pertama ada 200 kontak erat dan kedua ada 63 kontak erat. "Iya kita sudah melakukan tracing. Yang awal ada 200 dan tracing kedua ada 63. Kita diminta bantu follow-up kontak tracing itu untuk swab test Senin (13/7) nanti," ujar Chanifah saat dihubungi via telepon, Jumat (10/7/2020).

Kontak erat itu berasal dari satu lingkungan yang sama dengan personel Pusdikpom lainnya positif, sebab belum diketahui awal penularannya dari mana dan dari siapa. "Intinya kita sudah tahu penularan ini kan dari mereka yang tinggal di satu asrama, tapi belum tahu dari mana dan siapa yang menularkannya. Makanya penting di-tracing kontak eratnya," kata Chanifah.

Personel Pusdikpom yang terkonfirmasi positif tersebut semuanya masuk kategori Orang Tanpa Gejala (OTG) dan kondisi kesehatannya sehat. Gugus Tugas terus memantau klaster Pusdikpom TNI AD ini.

"Yang di Pusdikpom itu semuanya OTG dan kondisinya sehat, tidak ada yang dirawat tapi menjalani karantina di dalam lingkungan mereka. Kita pantau terus kondisi kesehatannya," tutur Chanifah.

(bbn/bbn)