KSAD Akan Jumpa Pers di Secapa AD, Kadinkes: Jangan Sampai Ada Penularan

Yudha Maulana - detikNews
Jumat, 10 Jul 2020 20:10 WIB
Petugas melakukan penyemprotan di pemukiman warga sekitar Secapa AD
Petugas melakukan penyemprotan di pemukiman warga sekitar Secapa AD Bandung. (Foto: Wisma Putra/detikcom))
Bandung -

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa akan meninjau Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD) di Hegarmanah, Cidadap, Kota Bandung pada Sabtu (10/7/2020). Pada kesempatan itu, Andika juga akan memberikan keterangan resmi terkait ribuan personil TNI yang terkonfirmasi COVID-19 di Secapa AD.

"Rekan rekan media, pertama saya sampaikan kehadiran kami di sini, barusan kami melakukan video conference dengan pak KSAD. Petunjuk dari pak KSAD, silakan besok hadir di Secapa dan langsung menanyakan kepada pak KASAD," ujar Kapendam III/Siliwangi Kolonel Inf FX Sri Wellyanto di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (10/7/2020).

"Saya mengundang rekan-rekan media untuk hadir besok (Sabtu) jam dua (siang) di Secapa. Rencana KSAD langsung menyampaikan dalam preskon besok. Kita tunggu di Secapa, itu saja yang perlu disampaikan. Besok silakan hadir di Secapa dan langsung menanyakan ke KSAD," kata Welly melanjutkan.

Sekadar diketahui, sebanyak 1.262 orang terkonfirmasi positif COVID-19 di Secapa AD. Belasan orang menjalani perawatan di RS Dustira Kota Cimahi dan mayoritas Orang Tanpa Gejala (OTG) menjalani isolasi di lingkungan Secapa AD.

Kendati demikian, Welly menjamin protokol keamanan untuk wartawan tetap diutamakan. Pihaknya akan menyiapkan protokol khusus peliputan di Secapa AD. "Kita akan siapkan protokol dan jalur yang aman," tutur Welly usao konferensi pers.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat Berli Hamdani dalam kesempatan yang sama, berharap TNI bisa menyiapkan protokol yang aman bagi awak media untuk melakukan peliputan di Secapa AD.

"Besok pelaksanaan, saya kira di Secapa, TNI, Kesdam dan Kapendam sudah menyiapkan langkah supaya kegiatan tersebut berjalan aman. Jangan sampai justru terjadi rekan-rekan media tertular, mudah-mudahan ini bisa memberikan kepercayaan kepada institusi," ujar Berli.

Tonton video 'Permukiman di Dekat Secapa AD Disemprot Disinfektan':

(yum/bbn)