Pandemi Corona

Minta Kelonggaran Aktivitas Kesenian, Seniman Demo di DPRD Cirebon

Sudirman Wawad - detikNews
Jumat, 10 Jul 2020 14:51 WIB
Demo seniman di Cirebon
Foto: Demo seniman di DPRD Cirebon (Sudirman Wawad/detikcom).
Cirebon -

Ratusan seniman yang tergabung dalam Aliansi Seniman Cirebon (ASC) berunjuk rasa di depan gedung DPRD Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Massa menuntut Pemkab Cirebon kembali mengizinkan kegiatan pentas seni.

Selain membawa bendera dan poster, massa juga membawa puluhan pengeras suara. Musik tarlingan pantura pun bergema. Selain itu, massa juga mementaskan tari topeng dan wayang orang atau sandiwara.

Salah satu seniman Iis Apita mengatakan sekitar lima bulan lebih tak pernah manggung. Uang tabungannya terkuras karena tak ada pendapatan selama pandemi.

"Sudah lima bulan kami tak beraktivitas. Tabungan sudah habis, jadi kita meminta pengertian pemerintah tentang hal ini," kata penyanyi pantura itu.

Kepala Disbudparpora Hartono mengaku telah menerbitkan surat keputusan tentang pelonggaran aktivitas kesenian. Hartono mengingatkan seniman untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19.

"Kalau ada kendala, silakan langsung kordinasi dengan kami. Ikuti regulasi yang sudah ditetapkan. Kita sudah keluarkan surat keputusannya," kata Hartono.

Di tempat yang sama, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Cirebon Hilmi Riva'i menegaskan bupati telah mengizinkan aktivitas kesenian kembali digelar. Ia mengaku telah membuat sejumlah aturan terkait pencegahan penyebaran COVID-19 ketika ada pertunjukan seni.

"Kita akan kirim surat tembusannya ke camat-camat dan polsek," ucap Hilmi.

(mso/mso)