Polisi Tangkap Pencuri Spesialis Tower Telekomunikasi di Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Kamis, 09 Jul 2020 17:14 WIB
Pencuri kabel ditangkap polisi Sukabumi
Foto: Pencuri kabel telekomunikasi ditangkap polisi Sukabumi (Istimewa).
Sukabumi -

AS terpaksa menghuni tahanan sempit Mapolsek Cibadak usai dibekuk personel Unit Reserse dan Kriminal Polsek Cibadak, Resor Sukabumi. Pria 30 tahun itu ditangkap karena kedapatan mencuri belasan modul tower telekomunikasi.

Selain pelaku, polisi juga mengamankan satu unit mobil Nisan bernomor polisi B 1896 PQR dan 14 unit modul telekomunikasi tower hasil curian pelaku di dalam kendaraan tersebut.

"Dia kita amankan karena mencuri 14 unit modul telekomunikasi yang berada di wilayah Kabupaten Sukabumi," terang kapolsek Cibadak Kompol Hadi Santoso, Kamis (9/7/2020).

Terungkapnya kasus tersebut bermula saat warga melaporkan temuan mobil yang ditinggalkan oleh pengemudinya. Warga menyebut, pengemudi mobil itu pergi menumpang ojek ke arah Cicurug. Polisi yang tiba di lokasi menemukan mobil itu dalam keadaan terparkir dengan posisi kunci masih menggantung.

"Kondisi kunci masih menggantung, kita temukan alat-alat ini. Modul telekomunikasi yang biasa terpasang di tower telekomunikasi. Akhirnya kami melakukan pengejaran dan akhirnya pelaku berhasil kita tangkap," lanjut Hadi.

Dijelaskan Hadi, pelaku beraksi di beberapa wilayah di Kabupaten Sukabumi. Untuk di Cibadak, AS diketahui belum sempat melakukan aksinya.

"Lokasi pencuriannya tidak di daerah Cibadak, tapi daerah lain di wilayah Kabupaten Sukabumi. Kawasan Selatan Sukabumi dan beberapa tempat lainnya," lanjut Hadi.

Saat ini pelaku masih dimintai keterangan oleh polisi, diduga ia tidak sendiri saat melakukan aksinya. "Pelaku masih kita mintai keterangan, kami berkoordinasi dengan Satreskrim Polres Sukabumi untuk melakukan penyelidikan dan pengembangan," ujarnya.

(sya/mso)