Masuki Musim Pancaroba, BPBD Bandung Barat Ingatkan Potensi Puting Beliung

Whisnu Pradana - detikNews
Kamis, 09 Jul 2020 16:35 WIB
Puting beliung di Rancaekek Bandung
Foto: Rumah rusak akibat puting beliung di Kabupaten Bandung (Wisma Putra/detikcom).
Bandung Barat -

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat mengingatkan potensi puting beliung di masa pancaroba.

Menurut Darlog BPBD KBB Ceceng Rukandi puting beliung di wilayah Bandung Barat biasanya terjadi di wilayah Desa Tenjolaut, Desa Puteran, Desa Padalarang dan wilayah lainnya.

"Setiap tahun terjadi angin puting beliung di beberapa desa di KBB, terutama pada masa pancaroba. Biasanya di wilayah Cikalongwetan dan Padalarang," ucap Ceceng saat dihubungi, Kamis (9/7/2020).

Puting beliung terakhir terjadi pada Jumat pekan lalu di RW 09, Kampung Wadon, Desa Tenjolaut, Kecamatan Cikalongwetan, KBB. Tidak ada korban dalam kejadian tersebut.

"Terakhir itu terjadi Jumat pekan kemarin, di Tenjolaut. Memang sudah rutin terjadi tiap tahun. Alhamdulillah tidak ada korban, hanya beberapa rumah saja yang rusak," katanya.

Puting beliung sendiri merupakan angin yang berputar dengan kecepatan lebih dari 63 km/jam yang bergerak secara garis lurus dengan lama kejadian 5 hingga 10 menit.

Ceceng mengimbau kepada warga sekitar untuk tetap waspada menghadapi potensi puting beliung lantaran peristiwa alam itu tak bisa diprediksi kejadiannya.

"Kita minta warga untuk tetap waspada di musim pancaroba ini, karena ini juga baru awal dan potensi puting beliung masih ada," tandasnya.

(mso/mso)