Jejak Ridwan Kamil Tangani COVID-19 di Jawa Barat

Yudha Maulana - detikNews
Rabu, 08 Jul 2020 10:56 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Foto: Yudha Maulana/detikcom)

PSBB Mulai Diberlakukan

Pada 1 April 2020, Kang Emil membuat kebijakan seiring dengan kebijakan nasional, terkait status tanggap darurat bencana non-alam pandemi COVID-19.

Sementara itu sejumlah pusat perbelanjaan seperti mall dan fasilitas umum lainnya, mulai ditutup secara bertahap. ASN di lingkungan Pemprov Jabar pun mulai bekerja secara proporsional dari rumah atau Work From Home (WFH).

Memasuki April 2020, Pemprov Jabar mulai mengajukan Pembatasan Sosial Bersakal Besar (PSBB) untuk lima wilayah penyangga DKI Jakarta. Lima daerah itu yakni Kabupaten/Kota Bogor, Kota Depok serta Kabupaten/Kota Bekasi (Bodebek). Dokumen permohonan status PSBB diajukan pada 8 April 2020 ke Kementerian Kesehatan dan disetujui 12 April 2020.

"Ini mengindikasikan kita ingin satu frekuensi kebijakan dengan DKI Jakarta karena data menunjukkan secara nasional 70 persen COVID-19 persebarannya ada di wilayah Jabodetabek," katanya, 8 April 2020.

Setelah PSBB Bodebek, pada gelombang berikutnya lima daerah Bandung Raya yang mencakup Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Sumedang dan Kota Cimahi juga diajukan untuk melaksanakan PSBB. PSBB Bandung Raya diterapkan pada 22 April 2020.

"Sesuai peta persebaran (COVID-19), rencana penerapan PSBB mungkin minggu depan adalah zona Bandung Raya. Data dan ilmu adalah dasar dari setiap keputusan di Jawa Barat," tulis pria yang akrab disapa Emil itu di media sosialnya.

Pada masa ini pembelajaran jarak jauh (PJJ) juga diperpanjang hingga dari 27 April hingga 16 Mei 2020. ASN di lingkungan Pemprov Jabar melaksanakan Work From Home (WFH), begitu pun instansi negeri dan swasta lainnya

Hingga Selasa 28 April 2020 pukul 17.32 WIB, laman pikobar.jabarprov.go.id menampilkan ada 969 kasus terkonfirmasi positif di Jabar. Angka kesembuhan mencapai 103 orang dan angka kematian mencapai 79 orang. PSBB Bodebek pun diperpanjang masanya mulai 29 April hingga 14 hari ke depan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5