Pandemi Corona

Ciamis Masuk ke Zona Kuning, Begini Respons Bupati Herdiat

Dadang Hermansyah - detikNews
Minggu, 05 Jul 2020 16:53 WIB
Bupati Ciamis Herdiat Sunarya
Foto: Bupati Ciamis Herdiat Sunarya (Dadang Hermansyah/detikcom).
Ciamis -

Level kewaspadaan virus Corona Kabupaten Ciamis turun dari zona biru ke zona kuning. Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menilai hal tersebut karena angka kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Ciamis terus bertambah.

"Sekarang kita menghadapi masa transisi adaptasi kebiasaan baru. 2 Minggu kemarin Ciamis zona biru. Tapi evaluasi minggu ini Ciamis jadi level kuning bersama 8 Kabupaten/Kota di Jabar. Itu karena angka kasus positif bertambah," kata Herdiat saat menyambut Touring Bakti Sosial Hari Bhayangkara ke-74 di Taman Leuwi Arit Desa Ciherang, Kecamatan Banjarsari, Ciamis, Minggu (5/7/2020).

Saat ini jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Ciamis sebanyak 17 orang. Dalam Minggu terakhir penambahan kasus mencapai 6 orang. Dari total kasus positif itu 9 orang di antaranya sembuh, 1 orang meninggal dan 7 orang isolasi mandiri.

Sedangkan pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 85 orang. Rinciannya 75 sembuh sedangkan 10 orang masih dalam pengawasan.

Herdiat menyatakan Kabupaten Ciamis merupakan salah satu wilayah perbatasan antara Jawa Barat dan Jawa Tengah. Kondisi ini membuat banyak pelaku perjalanan di Ciamis.

Dari hasil pendataan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Ciamis, tercatat sebanyak 50.324 Orang Pelaku Perjalanan yang masuk ke Ciamis.

"Upaya pencegahan dini penyebaran COVID-19 kami selalu ingatkan protokol kesehatan, pakai masker, disiplin melaksanakan physical distancing dalam beraktivitas," ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Herdiat mengucapkan selamat datang kepada Gubernur, wakil Gubernur Jabar, Kapolda Jabar, Pangdam III Siliwangi dan unsur Forkopimda Jabar.

"Sebuah kebahagiaan bagi masyarakat Tatar Galuh atas kehadiran Gubernur dan Wakil Gubernur beserta Unsur Forkopimda Jabar datang ke Ciamis. Terimakasih kepada Pemerintah Jawa Barat yang telah membantu masyarakat Ciamis dalam penanganan dampak COVID-19," katanya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan touring ini dalam rangka Hari Bhayangkara ke-74 sekaligus melaksanakan Bakti Sosial kepada masyarakat wilayah priangan timur. Dengan memberikan sembako kepada warga Tasikmalaya, Ciamis, Banjar dan Pangandaran.

"Semoga bantuan yang diberikan bermanfaat terutama bagi masyarakat yang terdampak COVID-19. Sejauh ini penanganan COVID-19 di Jabar telah maksimal," katanya.

Sementara itu, Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto dalam kesempatan ini mengingatkan status Ciamis yang turun ke zona kuning. Forkopimda Ciamis diharapkan merapatkan barisan, jangan ada Ego sektoral dalam menangani COVID-19.

"Ciamis dari segi teritorial berbatasan dengan Jawa Tengah, oleh karena itu perlu pengawasan di pos-pos perbatasan. Semoga apa yang dikerjakan mendapatkan hasil," ujar Nugroho.

(mso/mso)