Berbobot 145 Kg, Perempuan Ini Dirawat di RSUD Sumedang

Muhamad Rizal - detikNews
Jumat, 03 Jul 2020 23:53 WIB
Perempuan Obesitas di Sumedang
Heni Jubaedah (Foto: Muhamad Rizal/detikcom)
Sumedang -

Heni Jubaedah (47) harus dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumedang. Warga Tanjungsari itu menjalani perawatan karena kelebihan berat badan.

Selama tiga bulan ini berat badannya mengalami kenaikan. Semula 110 kilogram, kini bobotnya menjadi 145,4 kilogram. Tim dokter menyebut perempuan tersebut masuk kategori obesitas.

Usai dijemput petugas RSUD Sumedang, Heni langsung ditangani tim dokter ahli gizi untuk observasi. Tiga bulan lalu Heni mengalami sakit pinggang dan sesak napas selagi berjalan. Sehingga ia tidak dapat beraktivitas seperti biasa.

"Dulu nggak bisa gerak (sebelum program diet), kalau jalan sering sesak," kata Heni di RSUD Sumedang, Jumat (3/7/2020).

Rasa sakit pinggangnya kini sudah berangsur mereda. Ia beberapa hari terakhir melakukan program diet dan mengatur pola makan agar berat badannya bisa turun. Namu upaya yang dilakoni Heni ini belum berhasil sepenuhnya.

"Ibu sekarang kan lagi diet. Cuma makan dikit. Makan buah-buahan. Sekarang juga makan harus dengan beras merah," ucap Heni.

Kepala Humas RSUD Sumedang Iman Budiman mengatakan untuk tahap awal penanganan pasien itu tim medis akan melakukan pemeriksaan laboratorium. "Dari hasil pemeriksaan tim medis rumah sakit itu apakah pasien ini nantinya perlu perawatan atau berobat jalan. Kita belum bisa memastikan hasil pemeriksaannya," ujar Iman.

Menurut Iman, Heni memiliki berat badan 145,4 kilogram dan tinggi 145 sentimeter. "Karena melihat kondisi pasien dan juga ada keluhan, jadi pasien ini masuk kategori obesitas," ucap Iman.

(bbn/bbn)