Tongkang Sempat Berasap di Palabuhanratu, Polisi Pastikan Tak Ada Korban

Syahdan Alamsyah - detikNews
Jumat, 03 Jul 2020 18:14 WIB
Tongkang Berasap di Palabuhanratu
Sejumlah orang berusaha memadamkan sumber api yang muncul di tongkang muatan batu bara. (Foto: istimewa)
Sukabumi -

Tongkang bermuatan batu bara tiba-tiba mengeluarkan bara api di perairan teluk Palabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat. Meski tidak membakar, kepulan asap terlihat warga di pesisir.

Informasi yang diperoleh detikcom upaya pemadaman bara api sudah memasuki tahap pendinginan. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

"Kejadiannya tadi pagi, sekarang masih pendinginan belum selesai. (Dugaan) penyebab bara muncul karena gesekan antar batubara di atas tongkang," kata Kasat Polair Polres Sukabumi AKP Tri Andri melalui sambungan telepon, Jumat (3/7/2020).

Andri menjelaskan, posisi kapal tersebut dalam keadaan ditarik oleh kapal Tugboat menuju arah masuk pintu dermaga milik PLTU Palabuhanratu. Muatan batu bara rencananya didrop ke PLTU.

"Jadi hanya membara saja, sempat mengeluarkan kepulan asap. Upaya saat ini sedang pendinginan, saya pagi tadi langsung ke lokasi ikut memadamkan. Itu batu bara untuk PLTU," katanya.

"Tidak ada korban jiwa. Posisi kapal hanya muatan saja, sementara nakhoda dan anak buah kapal posisinya di tugboat yang narik tongkat tersebut," ujar Tri menambahkan.

Dalam keterangan yang diterima detikcom, bara api muncul di bagian buritan sebelah kiri. Posisinya berada sekitar 2 mil dari pintu masuk dermaga PLTU. Sejumlah warga sempat mengira terjadi kebakaran di salah satu tongkang.

"Sempat keluar kepulan asap, beberapa kapal patroli mendekat. Sampai tengah siang tadi, kepulan asap sudah mulai berkurang," kata Dede, nelayan di Palabuhanratu.

(sya/bbn)