KPU Pandeglang Tunggu Hasil Swab 22 PPK-PPS yang Reaktif Corona

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Jumat, 03 Jul 2020 12:56 WIB
Poster
Foto: Ilustrasi Corona (Edi Wahyono/detikcom).
Pandeglang -

KPU Pandeglang masih menunggu hasil swab 22 PPK, PPS dan Sekretatris PPS yang reaktif Corona saat menjalani rapid test pada pekan lalu. Mereka masih melakukan isolasi mandiri dan tak menjalankan tugas untuk verifikasi faktual calon perseorangan.

"Belum keluar (hasil swab), mereka memang sudah diswab oleh gugus tugas dan mereka kita tidak diberi tugas agar isolasi mandiri di rumah sambil menunggu swab 14 hari," kata Komisioner KPU Pandeglang Ahmadi saat dihubungi detikcom, Jumat (3/7/2020).

Tugas verifikasi faktual calon perseorangan yang berakhir pada 11 Juli, masih digantikan oleh petugas yang non reaktif. Meski ada 22 petugas yang isolasi, mereka tidak tersebar di satu wilayah. 22 yang reaktif ini katanya ada di 17 kecamatan yang ada di wilayah Pandeglang.

"Mereka tidak dalam satu desa, jadi ada satu desa satu orang, maka ada 2 orang anggota lain dan sekretaris yang menggantikan," ujarnya.

KPU Pandeglang sendiri akan menugaskan kembali PPS-PPK dan sekretaris PPS jika hasil swab kemudian negatif. Namun, tim gugus tugas akan menangani mereka jika hasilnya kemudian positif.

"Kalau positif itu sudah jadi domain gugus tugas," tambahnya.

Ada 2.300 lebih penyelenggara Pilkada Pandeglang 2020 yang dilakukan rapid tes. Rapid dilakukan berdasakan edaran KPU RI sebelum dilakukannya tahapan pemilihan.

(bri/mso)