Delapan Daerah Zona Biru di Jabar Turun ke Zona Kuning

Yudha Maulana - detikNews
Kamis, 02 Jul 2020 14:33 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Bandung -

Delapan daerah yang termasuk zona biru di Jabar kembali masuk ke zona kuning pada periode ke VI (11-24 Juni 2020). Berdasarkan data dari Divisi Perencanaan, Riset, dan Epidemiologi GTPP COVID-19 Jabar delapan daerah adalah Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Subang, Kota Cimahi, dan Kota Cirebon.

Ketua Divisi Perencanaan, Riset dan Epidemiologi GTPP COVID-19 Jabar Taufik Budi Santoso mengatakan, kendati begitu dua daerah di zona kuning, masuk ke level kewaspadaan zona biru. "Kota Bandung dan Kabupaten Sukabumi masuk ke zona biru," ujar Taufik saat dihubungi wartawan, Kamis (2/7/2020).

Seperti diketahui, baru ada satu daerah di Jawa Barat yang masuk ke zona hijau, yakni Kota Sukabumi. Dengan demikian di Jawa Barat terdapat 16 daerah di zona kuning, 10 di zona biru dan 1 wilayah di zona hijau.


Sedangkan wilayah di Jabar yang kini berada di zona biru yakni Kabupaten Cianjur, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Banjar, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Sukabumi, dan Kota Bandung.

"Perkembangan sembilan indikator level kewaspadaan selama dua pekan," ujarnya dia.

Penghitungan level kewaspadaan itu didasarkan pada sejumlah indikator. Indikatornya adalah laju ODP per daerah, laju PDP, laju kesembuhan, laju kematian, laju reproduksi COVID-19, laju transmisi, laju pergerakan/kemacetan, dan risiko biografis.

Seperti diketahui, PSBB proporsional di Jabar diakhiri pada 26 Juni lalu. Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengumumkan seluruh daerah di Jabar 100 persen bisa menerapkan new normal.

(yum/ern)