Sempat Nol Kasus 4 Hari, Pasien Positif COVID-19 di Kuningan Tambah 9 Orang

Sudirman Wamad - detikNews
Rabu, 01 Jul 2020 13:16 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Kuningan -

Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, mengumumkan adanya penambahan sembilan pasien positif. Dengan adanya kasus tersebut total pasien positif COVID-19 di Kuningan mencapai 25 orang.

Juru Bicara GTPP COVID-19 Kabupaten Kuningan Agus Mauludin mengatakan sebelum adanya penambahan sembilan pasien baru itu, Kabupaten Kuningan sempat mengalami nol kasus pasien positif. Tidak ada pasien yang positif dirawat.

"Iya waktu Sabtu (27/6) sempat nol kasus sampai hari Senin (29/6). Waktu itu hasil swab belum keluar, kemarin sudah keluar dan hasilnya sembilan orang positif," kata Agus dalam keterangan yang diterima detikcom, Rabu (1/7/2020).

Agus mengatakan pelan lalu pihaknya melakukan swab atau uji usap tenggorokan massal di 32 kecamatan. "Lebih dari 1.000 orang ikut swab. Baru keluar 390, hasilnya sembilan positif. Masih ada 1.000 lebih juga yang belum keluar," kata Agus.


Agus masih menunggu hasil swab massal lainnya. Sementara itu, sembilan pasien positif itu enam di antaranya sudah menjalani perawatan di rumah sakit. "Tiga pasien masih kita proses untuk dirawat," katanya.

Sekadar diketahui, total pasien positif COVID-19 di Kuningan mencapai 25 orang. Sembilan dirawat, dua meninggal dan 14 sembuh. Untuk pasien dalam pengawasan (PDP) yang masih menjalani perawatan sebanyak 38 orang. Kemudian, untuk orang dalam pemantauan (ODP) yang masih dipantau sebanyak delapan orang.



Tonton video 'Pandemi Corona Memicu Krisis Pangan Dunia':

(ern/ern)