Warga Sebut Masih Ada Buaya Lain di Waduk Jatigede Sumedang

Muhamad Rizal - detikNews
Kamis, 25 Jun 2020 18:09 WIB
Ilustrasi Buaya
Ilustrasi buaya (Foto: Ilustrasi buaya (iStock)
Sumedang -

Setelah warga Desa Cisurat, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, menangkap seekor anak buaya pada Rabu (25/6) sore, malam harinya kembali muncul buaya lain dengan ukuran yang lebih besar.

Menurut Karyuman, salah seorang pemancing mengatakan ternyata masih terdapat buaya lainnya, hal itu diketahui setelah malam harinya terlihat ada buaya yang berkeliaran di sekitar pesisir waduk Jatigede.

"Nah tadi malem kurang lebih 3 meter, itu sudah muncul lagi (buaya) sebesar galon," kata Karyuman saat menunjukkan lokasi buaya kedua berada di Desa Cisurat, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Kamis (25/6/2020).

Karyuman bersama warga lain berpendapat bahwa masih ada induk buaya yang lebih besar lagi, pasalnya buaya yang ia tangkap sebelumnya beratnya sekitar 7 kilogram dan memiliki panjang sekitar 70 sentimeter.

"Anaknya kurang lebih 1.5 meter itu anaknya, kemungkinan masih ada induknya. sudah saya katakan malam itu sudah muncul lagi di pinggir-pinggir lagi mengapung," katanya.

Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, Karyuman berharap pemerintah dapat memperhatikan kawasan waduk Jatigede terkait kemunculan buaya karena dikhawatirkan bisa mengancam keselamatan warga sekitar dan warga yang sedang memancing.

"Kalo itu terjadi mungkin nanti akan ada banyak korban, saya pesan kepada pemerintah terkait yang ada di Kabupaten Sumedang untuk mengontrol kawasan Jatigede karena ini banyak menyangkut nyawa khusunya bagi warga sedang memnacing dan menjaring," tegas Karyuman.

(mud/mud)