Strike! Pemancing Tak Sengaja Dapat Anak Buaya di Waduk Jatigede

Muhamad Rizal - detikNews
Kamis, 25 Jun 2020 14:06 WIB
Seorang pemancing tak sengaja menangkap anak buaya di waduk Jatigede
Seorang pemancing tak sengaja menangkap anak buaya di waduk Jatigede (Foto: Istimewa)
Sumedang -

Seorang warga yang sedang memancing di kawasan waduk Jatigede tepatnya berada di Desa Cisurat, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang tidak sengaja menangkap anak buaya.

Anak buaya tersebut pertama kali ditemukan oleh salah seorang pemancing, Karyuman (54). Ia mengaku tidak sengaja menangkapnya ketika sedang memancing di pesisir waduk Jatigede.

"Lagi mancing ikan gabus, waktu sedang didiamkan dulu pancingannya selama dua jam kemudian ada yang bergerak dikirain yang nyangkut itu ikan gabus," kata Karyuman saat ditemui dilokasi, Kamis (25/6/2020).

Bagitu diangkat, kata Karyuman, pertama terlihat ekor dan kepalanya, begitu tahu itu seekor buaya dirinya langsung panik dan meminta bantuan kepada pemancing lainnya.

"Saya panik, akhirnya ada tukang (ikan) gabus orang indramayu. karena sudah nyantel di lehernya lalu dibuka sama orang indramayu itu kemudian langsung dibawa ke darat," katanya.

Menurutnya setelah ditangkap buaya tersebut langsung dibawa ke Mapolsek Wado untuk diserahkan ke BKSDA.

Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, Karyuman berharap pemerintah dapat memperhatikan kawasan waduk Jatigede khususnya terkait kemunculan buaya. Karena dikhawatirkan ada buaya lain yang bisa mengancam warga sekitar dan warga yang sedang memancing.

"Saya mohon pemerintah khususnya Satker Jatigede agar menanggapinya karena demi keamanan masyarakat dan juga menyangkut nyawa yang mancing, menjaring dan sebagainya," tegas Karyuman.

"Yang kemarin ditemukan itu anaknya, ditakutkan ada induknya," katanya

(mud/mud)