Kawasan Kota Tua, Titik Kumpul Primadona Pesepeda di Cirebon

Sudirman Wamad - detikNews
Rabu, 24 Jun 2020 16:37 WIB
Kota Tua di Cirebon
Gedung BAT (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon -

Selain pusat kota, di Kota Cirebon ada jalur primadona untuk bersepeda yakni di kawasan kota tua. Kawasan kota tua ini berada di Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Pesepeda dimanjakan dengan pemandangan klasik yang ikonik. Kawasan kota tua menyuguhkan bangunan lawas dengan arsitektur bergaya art deco. Arsitektur yang digandrungi pada zaman Perang Dunia I hingga II.

Beberapa bangunan tua di kawasan tersebut di antaranya, gedung British American Tobacco (BAT), Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Cirebon, gereja, kawasan Pelabuhan Cirebon dan gedung lainnya.

Gedung BAT menjadi salah satu titik kumpul favorit pesepeda. Lokasinya tak jauh dari kantor BI dan Pelabuhan Cirebon. Tak sedikit pesepeda yang berswafoto di gedung BAT.

Sekadar diketahui, BAT merupakan saksi bisu sejarah industri rokok di Cirebon. Gedung BAT telah ditetapkan sebagai cagar budaya oleh Pemerintah Kota Cirebon. BAT dibangun pada masa kolonialisme, yakni 1924. Tahun pembangunannya terpampang di dinding bagian depan bangunan tua itu.

Kota Tua di CirebonGedung BAT (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)

Tahun 1972, BAT masih memproduksi rokok. Pada masa itu, sejumlah pabrik rokok yang masih satu grup dengan BAT sudah gulung tikar. Kemudian, tahun 2010 Cirebon mulai berhenti memproduksi hingga sekarang.

Ketua Komunitas Sepeda Lipat Cirebon (Selibon) Yan Priyadi mengaku kawasan kota tua menjadi rute wajib saat bersepeda. Pemandangan klasik di kawasan kota tua, lanjut Yan, menjadi salah satu daya tarik tersendiri.

"Ya bagus buat spot foto. Saat bersepeda malam juga kita selalu ke BAT," kata Yan kepada detikcom, Rabu (24/6/2020).

Yan juga mengaku rute melintasi kawasan kota tua menjadi bagian kampanye wisata. Komunitasnya ingin mengajak masyarakat untuk berwisata dan menjaga cagar budaya yang ada di Cirebon.

Kota Tua di CirebonPesepeda yang tergabung dalam Selibon foto bersama di gedung BAT. (Foto: Dok. Komunitas Selibon)
(bbn/bbn)