New Normal New Spirit

Ini Trek Gowes Favorit yang Suguhkan Kecantikan Alam Ciamis

Dadang Hermansyah - detikNews
Selasa, 23 Jun 2020 14:14 WIB
Rute gowes di Kabupaten Ciamis
Salah satu rute gowes di Kabupaten Ciamis (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom).
Ciamis -

Bersepeda saat ini cukup di gandrungi warga sebagai alternatif olah raga di tengah pandemi Corona. Seperti di Kabupaten Ciamis, banyak warga yang turun ke jalan dengan mengayuh sepeda kesayangannya bersama teman dan keluarga.

Di perkotaan Ciamis, Pemkab sudah memfasilitasi trek sepeda di jalan raya yang diberi tanda khusus. Trek itu mengelilingi kawasan Alun-alun dan Taman Lokasana. Namun padatnya lalu lintas kendaraan, membuat pesepeda memilih mencari rute yang lebih aman dan menyehatkan.

Pesepeda kini lebih sering bersepeda dari perkotaan ke perkampungan. Salah satu rute sepeda yang biasa dilalui adalah Jalan Lingkar Selatan Ciamis, memutar sejauh 10 kilometer, kemudian ke spot sirkuit BMX dan Taman Hutan Kota.

Disepanjang rute ini, pesepeda akan dimanjakan pemandangan yang menarik, mulai dari pegunungan, area persawahan luas, hutan warga dan kawasan kebun sayur. Selain itu trek tersebut juga cukup nayaman karena jalannya tegrolong mulus karena sudah menggunakan hotmix.

Rute gowes di Kabupaten CiamisGoweser Ciamis (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom).


Kendaraan yang melintas juga tidak terlalu ramai. Sehingga aman digunakan bersepeda sekaligus bebas polusi udara. Kontur jalurnya juga cukup komplit dari mulai datar, tikungan tajam, beberapa tanjakan dan turunan.

Tujuan akhir para pesepeda di Ciamis salah satunya adalah Jembatan Cirahong. Di lokasi itu mereka beristirahat sambil menikmati suasana pemandangan yang ada. Tak jarang juga mereka beristirahat di Taman Hutan Kota yang lokasinya berdekatan dengan sirkuit BMX.

Bagi yang memilih bersepeda di pusat perkotaan, sebaiknya harus pagi-pagi. Saat akhir pekan sekitar pukul 07.00-08.00 WIB karena kondisi jalan masih sepi. Bila siang atau sore jalan sudah ramai kendaraan. Tak jarang juga beberapa warga bersepeda dengan memutar-mutar di satu tempat, salah satunya adalah kawasan Islamic Center Ciamis.

"Kalau saya bersama rombongan biasa bersepeda setiap Selasa, Kamis, Sabtu, Minggu. Rutenya lebih sering di perkotaan kemudian ke perkampungan. Jalan Lingkar Selatan salah satu trek yang direkomendasikan. Biasanya ke Jembatan Cirahong, atau ke Taman Hutan Kota," kata Lili Cilame yang juga anggota Gowes Sehat Salsa Ciamis, saat ditemui di kawasan sirkuit BMX Ciamis sedang beristirahat bersama rombongannya, Selasa (23/6/2020).

Lili menyebut saat ini warga Ciamis hobi bersepeda. Dibanding sebelumnya, kini ketika ia bersepeda, banyak menemui warga yang juga bersepeda di pagi hari atau sore hari.

"Ya mungkin bersepeda sekarang lagi trend. Bagus jadi lebih ramai dan lebih sehat," ucap dia.

Sementara itu, salah seorang pehobi sepeda, Yoyo yang juga dokter di Ciamis menyatakan aktivitas bersepeda dilakukannya sudah cukup lama. Rute yang di lalui setiap kali berbeda-beda. Karena selain untuk berolah raga, ia juga sesekali beraktivitas menggunakan sepeda seperti ke kantor atau keperluan lainnya.

"Kalau saya itu bersepeda selain olahraga juga sembari beraktivitas lainnya. Jadi tidak menggunakan kendaraan bermotor terus, sesekali harus bersepeda," ujarnya.

(mso/mso)