Jumlah Pemohon STNK Meningkat, Samsat Ciamis Perketat Protokol Kesehatan

Dadang Hermansyah - detikNews
Senin, 22 Jun 2020 15:44 WIB
Suasana pelayanan di Samsat Ciamis.
Samsat Ciamis (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom).
Ciamis -

Memasuki adaptasi kebiasaan baru (AKB) atau new normal, sejumlah pelayanan di Ciamis kembali ramai. Seperti yang terlihat di kantor Samsat Ciamis, pemohon perpanjangan STNK kembali meningkat.

Hal tersebut dibenarkan, Kanit Regident Satlantas Polres Ciamis Ipda Trias Karso Yuliantoro. Pemohon perpanjangan STNK atau pembayaran pajak kendaraan di kantor Samsat meningkat. Selain itu pemohon SIM di Polres Ciamis juga meningkat meski tak begitu signifikan. Hal itu terjadi seiring dengan tak diperpanjangnya PSBB Parsial, yang berakhir 12 Juni lalu.

"Kalau bulan-bulan kemarin memang pengurangan drastis sampai lebih dari 50 persen. Memang kemarin itu anjurannya bayar via online. Tapi sekarang sejak new normal pemohon mulai meningkat kembali, terutama yang datang langsung," kata Trias saat ditemui di kantornya, Senin (22/6/2020).

Trias menjelaskan, di masa new normal ini pelayanan di Samsat maupun di Polres Ciamis lebih diperketat dibanding sebelumnya. Karena anjuran untuk diam di rumah sudah tidak ada. Petugas kali ini dilengkapi dengan masker dan face shield. Pintu loket dilengkapi dengan plastik pelindung.

Pemohon yang datang diwajibkan mencuci tangan terlebih dulu, kemudian dicek suhu tubuh. Di ruang tunggu tetap menjalankan protokol kesehatan dengan physical distancing. Kursi diberi tanda agar tak duduk berdekatan.

"Jadi untuk sekarang itu pelayanan lebih diperketat lagi. Kalau dulu kan masyarakat diam di rumah. Kalau sekarang sudah new normal, mulai kembali ke luar. Jadi kita lebih safety," jelas Trias.

Guna mencegah kerumunan, petugas membatasi pemohon yang datang dari kapasitas yang ada. Jumlah pemohon setiap harinya di atur setengah dari kapasitas yang ada. Pemohon yang terlanjur datang namun kapasitas habis, akan diprioritaskan di hari berikutnya.

"Misalkan kapasitas untuk perpanjangan SIM itu 50 orang setiap hari tapi sekarang setengahnya. Untuk sisanya itu akan dilayani pada besok hari. Kecuali kalau memang pelayanan tidak terlalu ramai," tuturnya.

Bagi pemohon SIM yang saat masa pandemi Corona habis, tetap dapat dispensasi bisa diperpanjang sampai 31 Juli tanpa harus bikin baru. Begitu juga untuk perpanjangan STNK yang masih bebas pajak meski sudah lewat masa berlaku sampai 31 Juli 2020.

Selain itu, kabar gembira bagi warga yang lahir tepat 1 Juli. Mereka bisa mendapat SIM gratis dari Polres Ciamis yang bekerjasama dengan BRI. Program itu dalam rangka HUT Bhayangkara.

(mso/mso)