Dua Pasar Minggu di Kota Bandung Kembali Ramai

Siti Fatimah - detikNews
Minggu, 21 Jun 2020 12:55 WIB
Suasana Pasar Minggu Monumen Perjuangan Bandung
Suasana pasar minggu di Monumen Perjuangan Bandung (Foto: Siti Fatimah/detikcom).
Bandung -

Sejak pandemi COVID-19, beberapa pasar minggu di Kota Bandung tutup sementara. Namun, setelah diterapkannya relaksasi ekonomi di wilayah Bandung beberapa tempat yang biasanya menjadi pusat kegiatan pasar minggu sekaligus olah raga mulai kembali ramai.

Berikut ini, beberapa pasar minggu yang telah buka menjelang new normal dengan penerapan protokol kesehatan:

1. Monumen Perjuangan

Pasar minggu atau pasar tumpah yang sudah mulai ramai dikunjungi yaitu di Monumen Perjuangan (Monju). Dari pantauan detikcom, sejak pukul 08.00 sampai 11.00 masyarakat mulai memenuhi area publik ini untuk berbelanja sekaligus berolahraga.

Beberapa masyarakat dan pedagang kaki lima (PKL) ada yang menggunakan masker. Namun sayangnya, masih banyak masyarakat yang tidak menerapkan physical distancing saat berbelanja di pasar tumpah.

"Sesekali berolahraga disini, kalau ke pasar tumpah sekalian cari makanan untuk sarapan pagi," kata salah satu pengunjung Siska (28) saat ditemui, Minggu (21/6/2020).

2. Gasibu

Lapangan gasibu yang berada di bawah pengawasan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat memang belum sepenuhnya dibuka untuk sarana olahraga. Meskipun lapang gasibu masih dipasang garis pembatas, masyarakat tetap beraktivitas di sekitar lapang.

Berbeda dengan Monju, dari pantauan detikcom, keramaian terlihat dari pesepeda yang berada di bahu jalan. Tak hanya itu, masyarakat juga memanfaatkan lahan kosong di sekitar gasibu untuk bermain bulu tangkis.

"Kalau secara umum lapangannya memang masih belum bisa digunakan seperti peraturan. Masalah tentang kerumunan kita masih diarahkan, disisir selama ada kegiatan di area Gasibu," kata Komandan Regu (Danru) Gasibu Nanang.

Lebih lanjut, Nanang mengatakan keramaian ini sudah terjadi sejak dua pekan terakhir. "Sudah dua pekan, cuman ya ramainya setiap akhir pekan saja. Kita juga sedikit kesulitan karena personelnya terbatas dan menyebar tidak disatu titik keramaian saja," tambahnya.

Animo masyarakat tentang olahraga di akhir pekan juga dirasakan Andre (47), warga asal Cimahi ini menggunakan sepeda sampai ke Gasibu.

"Kalau keadaannya sedang begini, sebenarnya yang penting badan sehat dan menggunakan protokol kesehatan. Kebetulan saya senang olahraga dan positif saja lah melihat masyarakat banyak yang mulai senang berolahraga," katanya.

Tonton juga video 'Pedagang Pasar Tanjungsari Sumedang Jalani Swab Test Massal':

(mso/mso)