Jembatan Cayur Tasikmalaya Putus Diterjang Banjir Bandang

Deden Rahadian - detikNews
Jumat, 19 Jun 2020 15:08 WIB
Jembatan di Tasikmalaya putus diterjang banjir bandang
Jembatan di Tasikmalaya putus diterjang banjir bandang (Foto: Deden Rahadian)
Tasikmalaya -

Sebuah jembatan di Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya, putus total kibat diterjang banjir bandang. Jembatan Cayur yang berada di atas Sungai Cimedang ambruk dihantam derasnya air disertai material kayu.

Bagian tengah jembatan sepanjang 30 meter ini roboh hingga menyentuh dasar sungai. Sementara dua bagian tepi jembatan terangkat hingga ke atas. Beruntung saat kejadian tidak ada pengendara yang melintas hingga lolos dari maut.

"Jembatan Cayur ini putus akibat banjir bandang. Kami polisi turun bantu evakuasi masyarakat yang ada di pinggir sungai khawatir terjadi banjir bandang susulan" Ucap AKBP Hendria Lesmana dilokasi kejadian, Jumat (19/6/2020).

Akibat jembatan putus, 5.000 warga Desa Sindang Asih terhambat akses pendidikan, kesehatan dan perekonomian. Mereka harus memutar lebih jauh agar sekitar 10 kilometer untuk bisa menuju ibu kota Kecamatan Cikatomas.

"Jembatan ini terbilang baru dan sekarang putus total tidak bisa dilalui. Akses menuju ibu kota kecamatan untuk 5.000 warga satu desa terkendala pak" ucap Nur Aididin, Kepala BPBD Kabupaten Tasikmalaya.

Petugas kepolisian dibantu TNI berjaga dilokasi agar jembatan tidak didekati warga.

Berdasarkan data BPBD Kabupaten Tasikmalaya, terdapat Tujuh titik longsor, Banjir dan banjir bandang usai hujan deras. Banjir merendam ratusan rumah di Kecamatan Sukaresik dan Kecamatan Karangnunggal. Sementara, longsor menimpa kecamatan Gunung tanjung, Sukaraja, Cibalong, Cikatomas, Cigalontang, Salawu dan Puspahiang.

Akibatnya seorang lansia warga Gunung tanjung dilaporkan meninggal dunia. Korban tertimpa longsor saat berada dalam rumah.

"Ada satu warga Gunung tanjung yang meninggal tertimbun longsor. Kami berupaya terus mendata jumlah korban longsor dan banjir", tambah Didin.

Pemerintah daerah akan memberikan bantuan sembako untuk korban terdampak.

Tonton juga video 'Jembatan di Padang Pariaman Ambruk, 1 Pekerja Tewas-4 Terluka':

(mud/mud)