Round-Up

Jejak Sejarah Berdirinya Sunda Empire Diungkap Jaksa

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 19 Jun 2020 09:39 WIB
Polisi menetapkan dedengkot Sunda Empire Nasri Banks sebagai tersangka. Selain itu, Ibunda Ratu Agung Rd Ratna Ningrum dan Rangga Sasana juga jadi tersangka.
Petinggi Sunda Empire (Foto: Donya Indra Ramadhan/detikcom).
Bandung -

Asal usul Sunda Empire yang sempat menghebohkan publik diungkap jaksa. Sunda Empire ternyata berawal dari satu keluarga.

Terungkapnya latar belakang didirikan Sunda Empire ini dibacakan jaksa dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jabar saat sidang perdana di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Kamis (18/6). Dalam kasus ini, jaksa mendakwa tiga terdakwa Nasri Banks, Raden Ratna Ningrum dan Raden Rangga Sasana menyebarkan berita bohong.

Jaksa lantas merinci awal mula berdirinya Sunda Empire. Menurut jaksa, hal itu berawal dari Nasri Banks yang membaca melalui sumber tak jelas tentang Sunda Empire. Ditambah, pengakuan dari istrinya Raden Ratna Ningrum yang merupakan keturunan Alexander The Great selaku pendiri Sunda Empire.

"Bahwa pada sekitar tahun 2003 terdakwa Nasri Banks membaca sejarah yang tidak jelas sumbernya tentang Sunda Empire di mana menurut istrinya, Raden Ratna Ningrum merupakan penerus dari kaisar Alexander The Great," ucap Jaksa Kejati Jabar Suharja saat membacakan dakwaan.

Di tahun yang sama, kata jaksa, Nasri Banks juga mengaku kedatangan seseorang bernama Mr Jhonson Low. Pria tersebut membawa sertifikat deposit dari Of Sources Atlantik Bank senilai US Dollar 2 miliar.

"Dan tidak lama kemudian, terdakwa Nasri Banks dan Raden Ratna Ningrum menyerahkan dana kepada Mr Jhonson Low melalui utusannya Jenderal Chong untuk biaya pengurusan pencarian deposito tersebut," tuturnya.

"Lalu setelah itu, terdakwa Nasri Banks meminta bantuan anaknya Fathia Reza untuk berkomunikasi dengan Mr Jhonson Low melalui email karena terdakwa Nasri Banks tidak bisa menggunakan fasilitas email," kata jaksa menambahkan.

Simak video 'Sidang Via Virtual, Petinggi Sunda Empire Didakwa Sebar Hoaks':

Selanjutnya
Halaman
1 2