Gugus Tugas: Banten Belum Penuhi Syarat Pelonggaran Sosial

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Senin, 15 Jun 2020 12:07 WIB
Poster
Ilustrasi pandemi Corona (ilustrator: Edi Wahyono)
Serang -

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti mengatakan daerahnya belum memenuhi syarat pelonggaran sosial di saat pandemi virus Corona. Ada syarat yang harus dipenuhi jika skema pelonggaran diterapkan.

"Sisi epidemiologi belum memenuhi syarat pembatasan sosial dilonggarkan," kata Ati dalam keterangan yang diterima wartawan di Serang, Banten, Senin (15/6/2020).

Menurut Ati, ada syarat yang harus dilakukan jika dilakukan pelonggaran sosial di tengah warga. Pertama, berkurangnya jumlah kasus baik suspek maupun kasus kematian yang diduga karena Corona dalam waktu paling sedikit 14 hari.

Kedua, dari sisi kesehatan masyarakat, ada peran warga terkait pemeriksaan atau tes dan kontak tracing yang terus bertambah. Dan proporsi warga tetap di rumah, melakukan cuci tangan, dan menggunakan masker yang terus bertambah.

Kemudian ketiga adalah dari sisi fasilitas kesehatan. Dari sisi ini, harus ada peningkatan jumlah kapasitas kesehatan baik ruang perawatan, ICU, tenaga kesehatan dan jumlah APD yang memadai.

Selanjutnya
Halaman
1 2