Walkot Oded Ungkap Kunci Keberhasilan Jabar Tangani Corona

Wisma Putra - detikNews
Selasa, 09 Jun 2020 16:07 WIB
Wali kota bandung oded m danial
Walkot Bandung Oded M Danial (Foto: Wisma Putra)
Bandung -

Angka penyebaran COVID-19 di Kota Bandung melandai. Wali Kota Bandung Oded M Danial menilai kekompakan daerah dan provinsi jadi kunci keberhasilan menekan penyebaran Corona.

Menurut orang nomor satu di Kota Bandung ini, kepala daerah di Jabar tidak ada satupun yang memiliki pengalaman menangani pandemi COVID-19. Namun, berkat soliditas dan koordinasi, penanganan Corona optimal.

Oded mengatakan, sejak awal pihaknya menyadari bahwa menghadapi COVID-19 harus membangun soliditas internal dan eksternal. Pihaknya langsung membentuk Satgas Penanganan COVID-19.

"Kemudian, sesuai perjalanan waktu, ketika sudah ada kebijakan dari pusat yang kemudian kebijakan itu digulirkan Gubernur Jabar, kita bergabung kepada kebijakan itu, yaitu PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) Bandung Raya (sekarang menjadi PSBB proporsional)," katanya di Pendopo Kota Bandung, Selasa (9/6/2020).

Ia mengungkapkan Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan bupati/wali kota kompak dan intens membangun komunikasi serta koordinasi sejak awal untuk membahas penanganan dan perkembangan COVID-19.

"Kita terus berkoordinasi dengan para kepala daerah di Bandung Raya walaupun lebih banyak lewat telepon. Dengan Gubernur juga sama intens berkomunikasi," ungkapnya.

Oded mengaku suasana kompak antara pemprov dan kabupaten/kota ini membuat pihaknya tenang dan bisa mengakselerasi kebijakan penanganan COVID-19 dengan baik.

"Artinya, kalau komunikasi, koordinasi, alhamdulillah saya dan dengan segala kebijakan strategis saya rasa tidak menemukan masalah. Rasanya enjoy dan baik. Apalagi secara hubungan pribadi (dekat) dengan Gubernur sehingga saya bisa telepon beliau, kita suka teleponan langsung. Alhamdulillah juga, kalau terkait Kota Bandung, beliau juga selalu nanya," jelasnya.

Dengan pola penanganan yang terarah dan sistematis, Oded mengklaim apa yang dilakukan Jabar bisa menjadi contoh sukses bagi daerah lain dalam menangani COVID-19.

"Saya optimis tidak ada satu pun pekerjan, seberat apapun, kalau ditangani dengan kebersamaan, soliditas kerja, harmoni dengan berbagai unsur, insya Allah kita bisa menghadapi ini semua," pungkasnya.

Simak video 'RK Pamer Jawa Barat Bisa Kendalikan Covid-19':

(wip/mud)