Terminal di Garut-Banjar Sudah Beroperasi, Terapkan Protokol Kesehatan

Hakim Ghani, Faizal Amiruddin - detikNews
Senin, 08 Jun 2020 15:52 WIB
Terminal di Garut mulai beroperasi
Terminal di Garut mulai beroperasi (Foto: Hakim Ghani)
Garut -

Terminal Garut mulai buka lagi. Bus yang diperbolehkan untuk beroperasi baru jenis antar kota dalam provinsi. Penumpang dibatasi sesuai protokol kesehatan.

Sejumlah armada bus terlihat mulai stand by di Terminal Guntur Malati. Menurut Kepala Terminal Guntur Malati Garut, Sofyan Hidayat, terminal mulai buka kembali sesuai arahan dari pemerintah.

"Sesuai dengan arahan pemerintah, hari ini aktivitas mulai berjalan kembali, namun dengan menerapkan protokol kesehatan," kata Sofyan kepada wartawan di Terminal Guntur Malati Garut, Senin.

Sofyan menjelaskan, bus yang baru bisa beroperasi adalah bus berjenis Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP). Sedangkan bus jenis Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) belum beroperasi.

"Yang beroperasi hanya bus AKDP. AKAP masih menunggu keputusannya malam nanti," katanya.

Kendati sudah dibuka, aktivitas penumpang di Terminal Guntur Malati terpantau masih sepi. Hingga pukul 11.00 WIB siang tadi, baru ada dua bus jurusan Bekasi yang berangkat mengangkut penumpang.

"Baru dua bus yang jalan. Tujuan Bekasi," ujar Sofyan.

Sofyan memastikan, beroperasinya kembali sebagian bus dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Petugas terminal memantau setiap bus yang berangkat.

Kapasitas bus dikurangi jadi 50-60 persen saja. Seperti bus jurusan Bekasi yang berangkat tadi, idealnya mengangkut sampai 60 penumpang. Namun, gegara situasi seperti ini, penumpang yang diperbolehkan masuk hanya 30 orang saja.

Para penumpang, sambung Sofyan diwajibkan menjaga jarak. Sopir dan penumpang juga tentunya wajib menggunakan masker saat jalan.

"Tentunya kami menerapkan protokol standar kesehatan," tutup Sofyan.

Tonton juga video 'Daftar Daerah Zona Merah Jakarta yang Tak Boleh Dilewati Ojol':

Selanjutnya
Halaman
1 2