KBM di Sekolah saat New Normal, Bupati Sumedang: Ikut Kebijakan Provinsi

Muhamad Rizal - detikNews
Senin, 08 Jun 2020 14:15 WIB
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir (Foto: Istimewa).
Sumedang -

Pemerintah Kabupaten Sumedang tengah mengkaji terkait kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah saat era new normal. Meski begitu Pemkab akan ikut kebijakan yang dikeluarkan Pemprov Jabar dan pemerintah pusat.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengungkapkan, meski sedang menerapkan era new normal atau adaptasi kebiasaan baru, pihaknya akan tetap menyesuaikan dengan kebijakan dari Pemprov Jabar dan pemerintah pusat.

Pasalnya, kata dia, untuk membuka kembali kegiatan belajar dan mengajar di sekolah perlu dilakukan kajian mendalam. "Terutama kajian dari pakar epidemiologi yang memahami tentang penyebaran (COVID-19)," kata Dony di Sumedang, Jawa Barat, Senin (8/6/2020).

Menurut Dony, terkait adanya rencana masuk sekolah di tengah pandemi COVID-19, pihaknya harus mengkaji secara mendalam. Pasalnya, aktivitas kegiatan sekolah sangat mudah terjadinya penyebaran.

"Sekolah ini kan rentan, anak-anak rentan terpapar. Jadi kita pun akan mengikuti apa kebijakan dari provinsi dan pusat," ucap Dony.

Berdasarkan hasil kajian, menurut Dony, diperkirakan kegiatan aktivitas sekolah akan dilaksanakan pada awal Januari 2021. Meski tahun ajaran baru itu seharusnya pada tanggal 13 Juli 2020.

Dony memastikan, sebelum masuk sekolah pada awal Januari, pihaknya akan melakukan evaluasi terlebih dahulu agar setiap anak-anak yang melakukan kegiatan sekolah aman dari penyebaran COVID-19.

"Awal Januari pasti ada evaluasi dan kajian dulu sebelumnya, tapi sementara ini, 13 Juli masuk tahun ajaran baru dimulai, pembelajaran di mulai tapi tidak masuk kelas," kata Dony.

"Untuk masuk kelas di perkirakan awal Januari sambil melihat perkembangan penyebaran COVID," tambah Dony.

Tonton video 'Anies: Tahun Ajaran Baru Belum tentu KBM di Sekolah':

(mso/mso)