Hasil Swab Test Karyawan Negatif, Toserba di Ciamis Bisa Beroperasi Lagi

Dadang Hermansyah - detikNews
Jumat, 05 Jun 2020 20:02 WIB
Petugas menyemprotkan disinfektan di Toserba Ciamis
Petugas semprot disinfektan di toserba Ciamis (Foto: Istimewa)
Ciamis -

Toserba di Kabupaten Ciamis bisa kembali beroperasi setelah sempat ditutup karena salah seorang karyawan positif Corona. Pasalnya, ratusan karyawan lainnya dinyatakan negatif Corona.

"Hasil sudah keluar sore ini, tepat seminggu, sekarang diserahterimakan kepada manajemen Toserba. Sudah ada konfirmasi negatif PCR (swab test)," ujar Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi (PIK) COVID-19 Ciamis Bayu Yudiawan kepada detikcom, Jumat (5/6/2020).

Bayu mengatakan selama penutupan indikator tempat sudah lulus standar. Sehingga Toserba tersebut memenuhi syarat dan bisa kembali beroperasi. Namun tetap dengan syarat menerapkan protokol kesehatan.

"Sebelum dibuka ada lagi simulasi implementasi protokol kesehatan. Semua karyawannya berjumlah kurang lebih 150 orang kita swab, terutama kontak erat di bagian divisi gudang," jelas Bayu.

Bayu menjelaskan selama Toserba ditutup pada 29 Mei 2020, hampir setiap hari petugas dari BPBD Ciamis melakukan sterilisasi penyemprotan cairan disinfektan di setiap sudut. Hal itu dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19. Karyawan juga diminta melakukan isolasi mandiri selama penutupan.

"Upaya pemerintah daerah maksimal dalam mengantisipasi penyebaran COVID-19. Mudah-mudahan tak ada lagi karyawan toserba yang terpapar (virus Corona)," jelas Bayu.

Sebelumnya, seorang karyawan toserba di Kabupaten Ciamis terkonfirmasi positif COVID-19. Pihak manajemen toserba secara sukarela menutup sementara operasional toko. Seluruh karyawan juga dilakukan swab test.

Atas kesadaran dari pihak manajemen Toserba Yogya Cabang Ciamis, operasional toko ditutup sementara. Penutupan toserba ini dimulai sejak Jumat 29 Mei 2020. Seluruh karyawan toserba saat ini langsung menjalani swab test (PCR) di lantai 2 toko.

(mud/mud)