Sita Ratusan 'Bola' Sabu di Sukabumi, Kabareskrim: Nilainya Rp 480 Miliar

Syahdan Alamsyah - detikNews
Kamis, 04 Jun 2020 13:14 WIB
Kabareskrim Komjen Listyo Sigit
Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi -

Satgasus 'Merah-Putih' Bareskrim Mabes Polri mengungkap kasus sabu di Sukabumi. Total barang bukti yang disita polisi sebanyak 341 bungkus sabu dengan berat 402 kilogram. Bungkusan itu bentuknya mirip bola.

"Total apabila kita rupiahkan dengan nilai pasar yang ada, kurang lebih sekitar Rp 1 miliar per kilogram, totalnya Rp 480 miliar," kata Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo di lokasi penggerebekan, Perumahan Taman Anggrek, Jalan Myltonia D 8, No D7/12 sebuah perumahan elite di Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (4/6/2020).

Efek ketika sabu-sabu itu berhasil disebar dua bulan ke depan, menurut Listyo, akan berdampak kepada jutaan jiwa generasi. "Dari rangkaian penangkapan dan kita hitung dari efek apabila ini sampai tersebar di masyarakat, kita asumsikan kalau satu kilogram dipakai empat ribu orang. Maka bila dikalikan 402, berarti kita menyelamatkan 1.608.000 jiwa generasi yang kita selamatkan," tutur Listyo.

Barang bukti ratusan kilogram sabu-sabu yang disita polisi di SukabumiBarang bukti ratusan kilogram sabu-sabu yang disita polisi di Sukabumi. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)

Ratusan bungkusan 'bola' sabu itu masuk Sukabumi via jalur laut. Sindikat narkoba ini berlabuh di Palabuhanratu.

Selain barang bukti, polisi menangkap enam pelaku. Mereka terdiri 3 orang Anak Buah Kapal (ABK), 1 kapten kapal dan dua orang lainnya yang menyiapkan perjalanan darat serta rumah sewaan.

Tonton juga video 'BNN Ciduk Pengedar Narkoba di Cikarang Saat Sedang Transaksi':

(bbn/bbn)