Tungku Peleburan Besi di Purwakarta Meledak, Satu Tewas Tujuh Orang Luka

Dian Firmansyah - detikNews
Rabu, 03 Jun 2020 21:03 WIB
Ledakan di tempat peleburan besi di purwakarta
Foto: Dian Firmansyah
Purwakarta -

Sebuah tungku peleburan batu mangan bahan besi di PT Indo Tama Ferro, yang berlokasi di Kampung Congeang Desa Cilangkap Kecamatan Babakan cikao Kabupaten Purwakarta, meledak. Akibat ledakan tersebut, api di dalam tungku menjelar keluar hingga melumat delapan pekerja.

"Betul terjadi kecelakaan kerja di sebuah pabrik peleburan biji besi yang mengakibatkan satu orang korban meninggal dunia dan tujuh luka", ujar Kasat Reskrim Polres Purwakarta AKP Handreas Adrian, ditemui dikantornya, Rabu (03/06/2020).

Kecelakaan ini terjadi sekitar pukul 14.18 Wib, pihak kepolisian yang datang ke lokasi langsung melakukan olah TKP awal dan mengamankan sejumlah barang bukti termasuk memeriksa saksi. Polisi pun sudah memasang garis polisi di sekitar tungku yang meledak.

Handreas menjelaskan kronologi kejadian kecelakaan kerja ini. Sebuah tungku yang berfungsi sebagai peleburan batu mangan, tiba-tiba meledak namun belum diketahui penyebab pasti pemicu ledakan ini.

"Para pekerja memasukan batu mangan kedalam tungku tersebut dengan menggunakan sekop besi panjang, namun tiba-tiba tungku tersebut meledak yang mengakibatkan 3 orang korban, 1 orang meninggal dunia terlempar kurang lebih 10 Meter dari lubang tungku dan 2 orang terlempar dan luka berat sedangkan 5 orang lainnya luka ringan", ungkap kasat.


Di tungku peleburan yang meledak, api besar masih menyala, batu mangan pun nampak berhamburan di sekitar lokasi.

Korban tewas di rujuk ke RSUD Bayu Asih Purwakarta untuk dilakukan otopsi, sedangkan satu orang luka bakar dengan persentasi luka 58 % akan di rujuk ke RSHS Bandung. Enam orang korban luka ringan akan mejalani rawat inap di rumah sakit Rama Hadi. Adapun korban tewas bernama Ento (47) warga Karawang.

Polisi kini tengah melakukan pemeriksaan saksi-saksi di Mapolres Purwakarta.

(ern/ern)