RSHS Terapkan New Normal, Pasien Rawat Inap Akan Dites Corona

Yudha Maulana - detikNews
Selasa, 02 Jun 2020 18:10 WIB
RSHS Bandung
RSHS Bandung (Foto: Muklis Dinillah/detikcom)
Bandung -

Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung akan melakukan penyesuaian layanan dengan mengacu pada panduan adaptasi kebiasaan baru (AKB) atau new normal. Dirut RSHS Bandung R. Nina Susana Dewi mengatakan penyesuaian itu dilakukan bertahap sejak Selasa (26/6/2020) setelah melihat tren kasus COVID-19 yang menurun.

Nina mengatakan layanan yang dibuka tersebut adalah layanan rawat jalan, rawat inap dan operasi selektif. Hal ini sesuai dengan panduan AKB yang dikeluarkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil serta arahan Dirjen Yankes Kemenkes tentang kesiapan pelayanan dalam new normal.

"RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung sebagai RS rujukan tertinggi di Jawa Barat akan mulai membuka kembali beberapa layanan yang sebelumnya dibatasi, dengan cara selektif dan bertahap serta dengan menerapkan beberapa ketentuan tambahan sebagai pencegahan penularan penyakit COVID-19," ujar Nina dalam keterangan tertulisnya, Selasa (2/6/2020).

Menurut Nina, semua jenis layanan pasien rawat jalan akan tetap diberikan. Kendati begitu, pembatasan masih berlaku untuk pasien kontrol yang hanya memerlukan pengambilan obat saja.

Pengambilan obat dapat dilakukan untuk masa yang lebih lama, yakni satu bulan sekali. "Adapun ketentuan lainnya adalah pendaftaran secara online, masker, social distancing, hand hygine, pengantar dibatasi, skrining suhu," kata Nina.