39 Ribu Calon Jemaah Haji Asal Jabar Terimbas Pembatalan Pemberangkatan

Yudha Maulana - detikNews
Selasa, 02 Jun 2020 14:12 WIB
Ilustrasi haji
Ikustrasi ibadah haji (Foto: Ilustrasi oleh Zaki Alfarabi/detikcom)
Bandung -

Sebanyak 39 ribu calon jemaah haji asal Jabar batal berangkat ke Tanah Suci pada 2020. Menag Fachrul Razi mengumumkan pembatalan keberangkatan jemaah haji tahun ini. Pembatalan tersebut berlaku untuk seluruh warga negara Indonesia

Kabid Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Jabar Ajam Mustazam mengatakan penundaan pemberangkatan ini di luar kehendak manusia. Pasalnya, pemerintah bertanggung jawab atas kenyamanan dan keamanan calon jemaah di tengah pandemi virus Corona.

"Jadi ini kan bukan kehendak kita, pada prinsipnya kami sudah siap dalam hal teknis. Tapi kan persoalannya menyangkut dua negara, Indonesia siap, tapi Arab Saudi belum siap. 39 ribu jemaah yang batal itu memang cukup banyak, karena kuotanya," kata Ajam saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (2/6/2020).

Ajam mengimbau agar calon jemaah menanti keputusan selanjutnya dari pemerintah, terkait pemberangkatan ibadah haji. Pasalnya, pihaknya belum bisa memastikan kapan dan bagaimana mekanisme pemberangkatan calon jemaah haji yang tertunda tahun ini.

"Jadi ya itulah, takdir kita tidak ada yang tahu. Kita tahu musibah kapan datang, orang yang beriman itu bila mendapatkan ujian, meyakini akan ada hikmah di kemudian hari," katanya.

"Kecewa pasti, tapi mau bagaimana lagi. Ini bukan kehendak manusia. Emosi dan marah tidak akan membawa manfaat. Kita doakan saja bersama, agar wabah ini bisa segera usai, bila memaksakan akan menjerumuskan (ke dalam bahaya)," tutur Ajam menambahkan.

Selanjutnya
Halaman
1 2