Karyawan Positif Corona, Toserba di Ciamis Disemprot Disinfektan

Dadang Hermansyah - detikNews
Minggu, 31 Mei 2020 15:09 WIB
Petugas menyemprotkan disinfektan di Toserba Ciamis
Petugas menyemprotkan disinfektan di Toserba Ciamis (Foto: Istimewa)
Ciamis -

Tim Gugus Tugas Percepatan penanganan COVID-19 Kabupaten Ciamis kembali melakukan penyemprotan disinfektan di toserba Yogya Ciamis. Mengingat seorang karyawan toko positif Corona.

"Penyemprotan disinfektan dilakukan sehubungan ditemukannya karyawan yang terkonfirmasi positif COVID-19. Jadi perlu dilakukan sterilisasi di setiap fasilitas perbelanjaan," ujar Kepala Pelaksana Harian BPBD Ciamis Dadang Darmawan, Minggu (31/5/2020).

Penyemprotan dilakukan atas arahan Pemkab Ciamis karena adanya karyawan toko Positif corona, sebelum toserba kembali dibuka. Keputusan dibuka atau tidaknya menunggu hasil swab test seluruh karyawan toserba yang sebelumnya telah dilaksanakan pada Jumat (29/5/2020). Sampel swab test dikirim ke Labkesda Bandung.

"Ini upaya kita bersama dengan dilakukan penyemprotan dan penerapan protokol kesehatan dapat mampu memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Ciamis," ungkap Dadang.

Perwakilan manajemen Toserba Yogya Ciamis Muhammad Hikmat mengatakan penyemprotan dilakukan sesuai anjuran pemerintah daerah. Penyemprotan akan dilakukan selama 5 hari oleh tim Gugus tugas COVID-19 Ciamis.

"Penyemprotan disinfektan dilakukan secara menyeluruh di area fasilitas yang berinteraksi langsung dengan pengunjung. Mulai dari area luar gedung, parkir tempat pembelanjaan, toilet, pintu masuk, eskalator dan sudut lainnya," jelas Hikmat.

Hikmat menyatakan penyemprotan perlu dilakukan. Mengingat adanya karyawan toko positif Corona di Toserba. Penyemprotan difokuskan pada area gudang penerimaan barang.

"Kami juga sebelumnya telah menyediakan tempat cuci tangan cukup banyak di depan pintu masuk," kata Hikmat.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Ciamis David Firdha menuturkan untuk pembukaan operasional dan pelayanan toserba bisa dilaksanakan setelah tahapan protokol kesehatan selesai dilaksanakan.

"Dari tim Gugus Tugas untuk Kesehatan akan terus mengecek kondisi kesehatan para karyawan toko yang saat ini telah melakukan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing," ungkapnya.

Kita juga menunggu hasil swab test para staf dan karyawan Yogya yang sudah dikirimkan ke Labkesda Bandung. Diharapkan ke depan secara khusus tak ada lagi karyawan toko positif Corona, secara umum berharap seluruh warga Tatar Galuh Ciamis bebas Corona.

(mud/mud)