Ratusan Pedagang dan Pengunjung Pasar Baru Indramayu Dites Swab

Sudirman Wamad - detikNews
Sabtu, 30 Mei 2020 17:47 WIB
tes swab di indramayu
Foto: Sudirman Wamad
Indramayu -

Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Kabupaten Indramayu menggelar tes swab massal di Pasar Baru Indramayu. Swab massal dilakukan secara acak.

Juru Bicara GTPP Kabupaten Indramayu DedenBonni Koswara mengatakan pasar salah satu area yang berisiko tinggi penyebaran virus Corona atau COVID-19. Lebih dari seratus pedagang dan pengunjung pasar mengikuti swab massal.

"Tes swab massal dilakukan secara random, sekitar 130 orang yang tadi ikut tes. Untuk tahap pertama kita melakukannya di Pasar Baru," kata Deden kepada detikcom melalui pesan singkatnya, Sabtu (30/5/2020).

Deden mengatakan pihaknya bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Gunung Jati (FK UGJ) untuk memeriksa hasil swab. Rencananya swab massal akan dilakukan di sejumlah tempat umum lainnya, utamanya yang berisiko tinggi terjadinya penyebaran COVID-19.

"Langkah ini merupakan terobosan untuk memetakan dan mengantisipasi persebaran COVID-19 di Indramayu. Ini untuk mengukur potensi penularan di tempat keramaian," ucap Deden.


"Mudah-mudahan dalam beberapa hari ke depan hasilnya dapat secepatnya keluar," tambah Deden.

Sementara itu, salah seorang pedagang pasar Agus Mulyani (40) mengaku kaget dengan adanya pemeriksaan swab. Agus mendukung langkah GTPP Indramayu untuk melakukan swab massal secara acak.

"Sempat kaget. Sudah tes, tinggal menunggu hasilnya," kata Agus.

Sekadar diketahui, saat ini total pasien positif di Kabupaten Indramayu mencapai 16 orang. Tiga pasien aembuh, tiga lainnya meninggal dunia. Sisanya menjalani perawatan.

(ern/ern)