Pemkab Sumedang Terapkan New Normal Mulai 2 Juni

Muhamad Rizal - detikNews
Jumat, 29 Mei 2020 23:12 WIB
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir (Foto: Muhamad Rizal/detikcom)
Sumedang -

Pemkab Sumedang siap melaksanakan new normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Rencananya penerapan fase new normal di Sumedang berlangsung pekan depan.

"Sumedang ini zona biru. Kita memberlakukan new normal atau AKB untuk Sumedang mulainya 2 Juni," kata Dony, Jumat (29/5/2020) malam.

Dony menjelaskan pihaknya akan menyosialisasikan secara masif mengenai penerapan new normal ini. Sehingga warga dapat memahami pola hidup baru dengan menerapkan protokol kesehatan di setiap kegiatan aktivitasnya.

Sambil menunggu persyaratan lainnya, Dony menyebutkan akan menggelar simulasi terlebih dahulu sebelum menerapkan AKB. "Untuk Sabtu, Minggu, Senin kita lakukan sosialisasi yang masif. Kemudian edukasi simulasi di berbagai jenis aktivitas," ucap Dony.

Pemkab Sumedang, menurut Dony, sudah mempersiapkan pelaksanaan new normal secara matang. Ia berharap penerapan new normal ini tidak memunculkan kasus baru pasien positif COVID-19 di Sumedang.

"Kata kuncinya AKB ini rakyat produktif dalam menjalankan protokol kesehatan, itu salah satu tujuan new normal," tutur Dony.

Maka itu, Dony meminta warga disiplin menerapkan protokol kesehatan. "Kalau tidak disiplin, kita bisa balik lagi ke PSBB," kata Dony menegaskan.

(bbn/bbn)