New Normal Jabar

Rumah Ibadah-Mal Dibuka, Ridwan Kamil: Masyarakat Jangan Euforia

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 29 Mei 2020 18:47 WIB
Ridwan Kamil
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Andhika/detikcom)
Bandung -

15 daerah di Jawa Barat akan melaksanakan new normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Rumah ibadah akan dibuka pada tahap pertama atau saat new normal di Jabar berlangsung 1 Juni 2020.

"AKB ini bertahap, masyarakat jangan euforia. Jadi pada saat diumumkan di 15 daerah tadi oleh bupati-wali kota tidak boleh euforia. Karena akan dilakukan bertahap. Apa tahapnya? Pertama, rumah ibadah di zona biru per 1 Juni dipersilakan," ucap Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat konferensi pers di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (29/5/2020).

Untuk tahap kedua, sambung Emil, sapaannya, akan dilakukan terhadap sektor ekonomi. Namun pembukaan sektor ekonomi tidak akan menyeluruh dan hanya yang memiliki risiko kecil penularan COVID-19.

"Ekonomi mana yang didahulukan, hasil kajian dari ilmuwan di Jabar yaitu ekonomi yang risiko kecil tapi impact-nya besar, hasil kajian mengatakan industri. Maka pembukaan ekonomi di daerah yang sudah diizinkan adalah industri dan perkantoran. Tahap ketiga baru retail, mal yang sifatnya hilir mudik orang keluar masuk silih berganti," tutur Emil.

Selanjutnya
Halaman
1 2