Sekeluarga Positif Corona, Pemkab Garut Akan Isolasi Satu Desa

Hakim Ghani - detikNews
Jumat, 29 Mei 2020 10:26 WIB
Poster
Ilustrasi pasien Corona (Foto: Edi Wahyono)
Garut -

Pemda Garut mengkonfirmasi tiga orang pasien positif COVID-19 baru di Kecamatan Selaawi. Warga satu desa akan diisolasi.

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman mengatakan, terkait hal tersebut, Pemda Garut berencana akan melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kecamatan Selaawi dan isolasi warga se-desa di kawasan domisili pasien.

"Tadi kami sudah lakukan pembahasan, sesuai instruksi dari pusat dan juga dari provinsi, maka kita putuskan besok untuk melaksanakan PSBB di Kecamatan Selaawi dan juga karantina di Desa Samida," kata Helmi.

Helmi menjelaskan, upaya tersebut sebagai bentuk pencegahan yang dilakukan Pemda Garut agar wabah Corona tak menyebar luas lagi. Pasalnya, ketiga pasien baru tertular melalui penularan transmisi lokal.

Namun terkait wilayah yang akan dikarantina, sambung Helmi, pihaknya belum bisa menentukan. Jumat (29/5/2020) pagi ini, tim akan melakukan pemetaan di Kecamatan Selaawi untuk menentukan daerah mana saja yang akan diisolasi.

"Rencananya satu desa itu. Tapi, nanti kita mitigasi dulu di lapangan ya, bagaimana letak dari kampung itu dan desa itu. Barangkali mungkin nanti bisa (karantina) di beberapa kampung atau beberapa desa," katanya.

Sebelumnya diberitakan, satu keluarga di Garut positif Corona. Tiga pasien baru yang dikonfirmasi pemda tersebut adalah KC-14 yang merupakan seorang ibu berusia 41 tahun serta KC-15 dan KC-16 yang merupakan anak laki-laki masing-masing berusia 15 dan 8 tahun.

Sebelum ketiga pasien baru tersebut, Pemda mengkonfirmasi adanya pasien positif Corona asal Selaawi lainnya pada Senin (18/5) lalu yakni seorang laki-laki. Menurut Informasi yang dihimpun lelaki tersebut merupakan bapak dari keluarga itu.

Dengan penambahan 3 pasien baru, pasien positif COVID-19 di Garut sendiri saat ini berjumlah 16 orang dengan rincian, 8 orang sembuh, 2 orang meninggal dunia, 1 orang menjalani isolasi mandiri, dan 5 orang menjalani isolasi di RSUD. dr. Slamet Garut.

Simak juga video 'Emak-emak di Garut Jadi Perhatian Gegara Buka Paksa Portal ke Pantai':

(mud/mud)