Petugas Cegat Ratusan Wisatwan yang Hendak ke Pantai Cianjur

Ismet Selamet - detikNews
Senin, 25 Mei 2020 19:19 WIB
Petugas cegat ratusan wisatawan yang hendak kunjungi pantai di Cianjur Selatan
Petugas cegat ratusan wisatawan yang hendak kunjungi pantai di Cianjur Selatan (Foto: Ismet Selamet)
Cianjur -

Ratusan wisatawan yang hendak berlibur ke destinasi wisata pantai di Cianjur selatan berhasil dicegat dan diputar balikan petugas.

Penyekatan di akses masuk destinasi wisata pantai akan terus dilakukan selama musim libur lebaran dan pelaksanaan PSBB untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Salah satu pantai yang akses masuknya disekat ialah Pantai Apra Kecamatan Sindangbarang. Petugas dari Polsek Sindangbarang memalangkan mobil dan memasang spanduk terkait ditutupnya destinasi wisata selama pandemi.

"Sejak pagi hari ada ratusan wisatawan yang dibalikan. Mereka hendak wisata ke pantai usai merayakan Idul Fitri bersama keluarga," ujar Anggota Polsek Sindangbarang, Brigadir Jajat kepada detik.com, Senin (25/5/2020).

Menurutnya, kebanyakan wisatawan tersebut merupakan warga luar kota yang mudik ke Sindangbarang. Oleh karenanya petugas mengembalikan mereka dan mengimbau agar tetap berada di rumah selama pademi, terlebih dengan diberlakukannya PSBB.

Rencananya, penutupan terus lakukan untuk mecegah wisawatawan masuk. Apalagi kemungkinan beberapa hari ke depan warga yang berwisata akan lebih banyak lagi. Sebab di tahun sebelumnya, puncak kedatangan wisatawan di hari ketiga hingga sepekan setelah lebaran.

"Ini untuk keselamatan bersama, mencegah penyebaran COVID-19. Termasuk dengan menutup sementara akses ke destinasi wisata, untuk meminimalisir kerumunan," ucapnya.

Di sisi lain, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Cianjur, Yudi Ferdiana, mengatakan, selama pandemi seluruh destinasi wisata di Cianjur ditutup sementara.

Dia juga mengimbau agar masyarakat menahan diri dulu untuk tidak berwisata atau liburan, termasuk ke destinasi wisata pantai.

"Nanti akan kami keluarkan lagi imbauan, mengingat sekarang momen libur lebaran. Kami harap semuanya menahan diri tidak liburan, berdiam di rumah supaya pandemi bisa cepat berlalu," pungkasnya.

(mud/mud)