8 Motor dan 2 Mobil Terlibat Kecelakaan Selama Musim Mudik di Cianjur

Ismet Selamet - detikNews
Senin, 25 Mei 2020 12:23 WIB
Poster
Ilustrasi Corona (Foto: Edi Wahyono)
Cianjur -

Angka kecelakaan lalulintas di Kabupaten Cainjur selama H-7 sampai Idul Fitri naik dibandingkan tahun sebelumnya. Bahkan tercatat ada 8 sepeda motor dan 2 mobil yang terlibat kecelakaan, dengan 2 pejalan kaki yang juga ikut jadi korban.

Kastlantas Polres Cianjur, AKP Ricky Adipratama, mengatakan, untuk tahun lalu hanya tercatat 1 kasus kecelakaan lalulintas sejak tujuh hari terakhir lebaran, namun di tahun ini untuk periode yang sama tercatat ada 6 kecelakaan.

"Jadi ada kenaikan 5 kasus atau 500 persen dari tahun lalu yang hanya 1 kasus kecelakaan itu pun kecelakaan tunggal," ujar Ricky, Senin (25/5/2020).

Menurutnya, dalam beberapa kasus kecelakaan tersebut melibatkan sejumlah kendaraan sekaligus. Diantaranya pun mengakibatkan pejalan kaki turut menjadi korban.

"Ada dua penyebrang jalan yang menjadi korban," kata dia.

Dari data kasus kecelakaan tersebut, untuk jumlah korban meninggal sama yakni dua orang, korban luka berat lebih banyak yaitu 3 orang dari tahun sebelumnya yang hanya 1 orang.

Tetapi untuk korban luka ringan, di tahun ini hanya 8 orang sedangkan di tahun lalu mencapai 21 orang.

"Ada penurunan di jumlah korban luka ringan sebesar 62 persen," ucapnya.

Meski 6 kasus kecelakaan tersebut terjadi di musim mudik lebaran, tetapi Ricky menyebutkan jika sebagian besar korban bukan merupakan pemudik.

"Kebanyakan warga Cianjur yang beraktivitas di luar, yang pemudik hanya beberapa. Namun dengan adanya peningkatan ini kami akan terus waspada dan mengimbau masyarakat agar lebih berhati-hati dalam berkendara, terutama di titik rawan kecelakaan," pungkasnya.

(mud/mud)