Pandemi Corona

Tetap Gelar Salat Id Berjamaah, Khotib Ingatkan Protokol Kesehatan

Dadang Hermansyah - detikNews
Minggu, 24 Mei 2020 07:56 WIB
Warga Ciamis laksanakan Salat Id
Warga Ciamis laksanakan Salat Id (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom).
Ciamis -

Di tengah pandemi Corona, warga Ciamis, Jawa Barat, tetap melaksanakan salat Idul Fitri (Id) di Masjid kampung dan lapangan, Minggu (24/5/2020). Imam Khotib masjid ingatkan warga untuk menjalankan protokol kesehatan guna mencegah wabah COVID-19.

Pada Idul Fitri 1441 H ini, Masjid Agung Ciamis tak menggelar salat Id di kawasan Alun-alun sesuai keputusan Pemkab Ciamis. Termasuk masjid besar di Kecamatan.

Namun masjid di kampung dan desa masih diizinkan melaksanakan salat Id berjamaah dengan syarat menjaga protokol kesehatan, seperti cuci tangan, memakai masker dan pemudik serta yang sakit tak boleh ikut salat di masjid. Bupati Ciamis Herdiat Sunarya bersama unsur para pejabat menggelar salat Id di lapang tenis halaman belakang Pendopo.

Upen Suwandi Imam Khotib Masjid Al Anwar, Desa Imabanagara dalam khutbahnya menyampaikan kepada jemaah, meski di daerahnya merupakan zona aman Corona tetap harus waspada terhadap penyebaran virus berbahaya tersebut. Meski demikian ia meminta jemaah untuk saling menjaga dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Di daerah kita Alhamdulillah bisa melaksanakan salat Id berjamaah di Masjid. Tapi tetap harus sering cuci tangan, jaga tata cara kesehatan mencegah pemaparan COVID-19," ujar Upen kepada para jemaah.

Sementara itu, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dalam keterangan resminya mengatakan Lebaran tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Idul Fitri kali ini dirayakan di tengah pandemi Corona.

"Walaupun serba terbatas akibat wabah COVID-19, hari ini kita mengumandangkan genderang kemenangan. Dalam kesempatan ini kita berdoa agar wabah ini segera diangkat oleh Alloh SWT, semoga kita diberikan perlindungan," ujar Herdiat dalam sambutannya yang dikirim Kepala Bagian Humas Setda Ciamis.

Herdiat juga mengajak kepada warga Tatar Galuh Ciamis untuk tetap menjaga persaudaraan. Diakui wabah Corona ini merusak tatanan segala bidang. Herdiat mengajak para dermawan saling tolong menolong untuk ikut membantu warga yang terdampak COVID-19.

"Kami dari pemerintah juga harus hadir memberikan jaminan bahwa tak boleh ada warga yang hidup dalam kesengsaraan. Tidak boleh ada yang kelaparan. Di hari Idul Fitri ini semoga menjadi awal untuk mewujudkan yang lebih sejahtera lahir dan batin," pungkasnya.


(mso/mso)