Polres Sukabumi Imbau Warga Tidak Takbiran Keliling

Syahdan Alamsyah - detikNews
Sabtu, 23 Mei 2020 17:57 WIB
Sejumlah warga menyaksikan kembang api dan petasan di Jalan KH Wahid Hasyim, Jakarta. Pesta kembang api dan petasan ini menghiasi perayaan malam takbiran Idul Fitri.
Ilustrasi takbiran Idul Fitri (Foto: Rifkianto Nugroho)
Sukabumi -

Polres Sukabumi berharap warga tidak melakukan takbir keliling dalam menyambut Idul Fitri. Imbauan soal tidak takbir keliling itu berkaitan pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) guna mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19

"Kami berharap kesadaran masyarakat untuk tetap di rumah dalam melaksanakan takbiran dan tidak ada takbiran keliling. Apabila ada masyarakat takbiran keliling atau berkerumun di suatu tempat keramaian akan kita imbau untuk segera pulang ke rumah. Jika tetap tidak mengindahkan arahan petugas akan dilakukan upaya penegakan hukum," tutur Kasat Lantas Polres Sukabumi Iptu Riki Fahmi Mubarok, Sabtu (23/5/2020).

Pada siang hingga malam nanti, rencananya Sat Lantas melakukan skema pengamanan di tempat keramaian. Rangkaian pengamanan fokus dilakukan di Palabuhanratu yang memang masuk ke-14 kecamatan yang saat ini masih melaksanakan PSBB.

"Ruas Jalan Siliwangi kita prioritaskan penjagaan di jalan, karena biasanya selalu ada peningkatan aktivitas masyarakat di jalan tersebut yang berbelanja untuk jalurnya sendiri kita akan buat one way," ujar Riki.

Menurut Riki, pelaksanaan pengamanan nanti pihaknya menyiapkan sedikitnya 120 personel kepolisian lalu lintas dan polsek yang tersebar di beberapa wilayah, baik selatan maupun Utara.

"Kalau jalur padat kendaraan sampai saat ini belum terpantau, namun tetap kita siapkan pertebalan personel di lokasi keramaian," kata Riki.

(sya/bbn)