Pandemi Corona

Kata Pemkot Bandung soal Pedagang Nekat Jualan di Area Parkir Mal

Siti Fatimah - detikNews
Sabtu, 23 Mei 2020 11:51 WIB
Pedagang di ITC Bandung Kembali Jualan di Tengah PSBB
Pedagang berjualan di area parkir mal. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Bandung -

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disdagin) Kota Bandung Elly Wasliah angkat bicara mengenai ramainya pedagang pakaian di sekitar mal ITC Kebon Kelapa. Para pedagang itu nekat berjualan di tengah pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berkaitan pandemi Corona atau COVID-19.

"Kenyataannya malnya tutup, gedung-gedungnya tutup. Kalau dari luar kelihatan seperti buka, tapi mereka (penjual pakaian) ini menggunakan lahan parkir," kata Elly di Pendopo Kota Bandung, Sabtu (23/5/2020).

Elly pastikan pihak manajemen dengan Disdagin telah menyepakati tidak akan membuka gedung mal hingga 29 Mei 2020. Meski begitu, menurut dia, ada sekitar 220 pedagang pakaian yang berjualan di lahan parkir. Mereka merupakan pedagang yang berasal dari dalam mal tersebut.

"Memang pedagang yang di ITC ini berbeda dengan pusat perbelanjaan yang lain. Kami datang lengkap dengan Satpol PP, kami menanyakan siapa yg mengizinkan. Kemarin berdiskusi ngobrol secara baik-baik karena gedungnya ditutup akhirnya dia keluar (berjualan)," ujarnya.

Menurut Elly, para pedagang menyampaikan keinginannya untuk berjualan sampai hari ini dan setelah itu tidak akan buka sampai PSBB Kota Bandung berakhir. "Bukan berarti kami mengizinkan tapi akan kami sampaikan kepada pimpinan dan Gugus Tugas untuk diambil tindakan. Itu pun hari Sabtu tidak sampai seharian, setelah itu tidak akan berjualan sampai selesai PSBB," tutur Elly.

(bbn/bbn)