Bupati Sumedang Kawal Langsung Penyaluran BST dari Kementerian Sosial

Muhamad Rizal - detikNews
Jumat, 22 Mei 2020 15:33 WIB
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir pantau penyaluran BST
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir pantau penyaluran BST (Foto: Muhamad Rizal/detikcom).
Sumedang -

Pemerintah Kabupaten Sumedang menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) langsung dari Kementerian Sosial untuk 31.217 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir menyebutkan, penyaluran BST ini langsung dari Kementerian sosial yang targetnya hari ini dapat selesai agar warga bisa memanfaatkannya sebelum hari raya Lebaran.

"Kami upayakan penyaluran BST Kementerian Sosial di Kabupaten Sumedang bisa dituntaskan hari ini. Dari kuota sebesar 31 ribu lebih KPM. Sebanyak 21 ribuan KPM sudah disalurkan. Sisanya sebanyak 10 ribuan KPM akan dituntaskan hari ini. Target kami bersama PT. Pos Indonesia Cabang Sumedang, sebelum lebaran semua sudah salur. Untuk membantu suksesnya penyaluran ini, kami kerahkan para aparatur ujung tombak, baik dari kecamatan maupun desa," kata Dony usai memantau penyaluran BTS di Kantor Pos Sumedang, Jawa Barat, Jumat (22/5/2020).

Selain itu, kata Dony, BST ini adalah kebijakan langsung dari Presiden sebagai bentuk dari keseriusan Pemerintah Pusat dalam mengakselerasi penanganan dampak sosial akibat pandemi COVID-19, salah satunya di Kabupaten Sumedang.

"Semua maklum bahwa dampak pandemi COVID-19 ini sangat luar biasa. Di Sumedang ada 133 ribu lebih Kepala Keluarga yang terdampak. Mereka kehilangan mata pencaharian dan tidak memiliki kemampuan untuk mencukupi kehidupan sehari-hari. BST ini adalah perhatian kongkrit dari Bapak Presiden terhadap masyarakat akar rumput yang terdampak COVID-19 tersebut," ucap Dony.

Terkait penyaluran BST Kementerian Sosial ini, Dony menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Pusat dalam upaya keseriusannya untuk menangani permasalahan sosial yang saat ini sedang dialami oleh masyarakat yang terdampak.

"Atas nama warga masyarakat Kabupaten Sumedang, kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden dan Bapak Menteri Sosial. Perhatiannya terhadap permasalahan sosial di tengah pandemi ini sangat serius, hari kemarin Bapak Dirjen PFM Kementerian Sosial langsung melakukan monitoring ke Sumedang," tutur Dony.

Dony mengaku, Kabupaten Sumedang saat ini termasuk daerah yang sangat cepat dalam memfasilitasi penyaluran berbagai bantuan sosial kepada warga masyarakat yang terdampak COVID-19. Hal ini dimulai dari tertib dan cepatnya proses pendataan Non DTKS, bahkan di Jawa Barat Sumedang adalah kabupaten terbaik dengan akurasi pendataannya yang mencapai 92 persen.

"Alhamdulillah hampir semua bantuan sosial di Sumedang sudah dan sedang disalurkan. Untuk pintu bantuan DTKS yang bersumber dari bantuan sosial Provinsi, dari 13.092 KPM sebanyak 10.298 KPM sudah disalurkan. Demikian juga dari bantuan sosial Kementerian Sosial sebanyak 31.217 KPM, dua pertiganya sudah tersalurkan," ucap Dony.

Tidak kalah pentingnya, menurut Dony saat ini pihaknya sudah menyalurkan bantuan kepada Non DTKS dari Provinsi, kemudian untuk BLT dari dana Desa pihaknya saat ini sedang melakukan proses penyaluran agar tepat sasaran.

"Selanjutnya untuk pintu bantuan Non DTKS, dari 81.398 KPM bantuan sosial provinsi sebanyak 14.220 KPM sudah disalurkan, serta dari 15.000 KPM bantuan sosial kabupaten sebanyak 14.707 atau 98,05 % sudah disalurkan. Belum lagi dari BLT Dana Desa untuk 20 ribuan KPM, saat ini sedang dalam proses salur," ujarnya.

(mso/mso)