Jelang Lebaran, Polresta Cirebon Musnahkan 10 Ribu Botol Miras

Sudirman Wamad - detikNews
Jumat, 22 Mei 2020 11:52 WIB
Polresta Cirebon musnahkan ribun botol miras jelang lebaran
Polresta Cirebon musnahkan ribun botol miras jelang lebaran (Foto: Sudirman Wamad)
Cirebon -

Polresta Cirebon memusnahkan ribuan botol minuman keras (miras) hasil razia. Pemusnahan ribuan miras tersebut merupakan terbanyak dibandingkan sebelumnya.

"Totalnya ada 10.019 botol miras pabrikan. Kemudian untuk miras tradisonal , yakni ciu ada 1.450 liter dan tuak sebanyak 1.250 liter," kata Kapolresta Kombes Syahduddi usai pemusnahan miras di Makopolresta Cirebon, Jalan Raden Dewi Sartika Kabupaten Cirebon, Jabar, Jumat (22/4/2020).

Syahduddi mengatakan ribuan botol miras tersebut hasil dari razia selama lima bulan, dari Januari hingga Mei. Sebelummya, lanjut Syahduddi, jelang perayaan natal dan tahun baru lalu pihaknya telah memusnahkan ribuan botol dan liter miras. Namun, jumlahnya tidak lebih banyak dengan hari ini.

"Ini merupakan hasil terbesar selama lima bulan. Razia akan terus kita lakukan," kata Syahduddi.

Syahduddi mengatakan peredaran miras di Kabupaten terjadi secara merata di seluruh kecamatan. "Kita mengajak masyarakat untuk aktif memerangi miras. Karena miras ini dampaknya luar biasa, memicu kriminalitas. Bisa menyebabkan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat," kata Syahduddi.

Di tempat yang sama, Bupati Cirebon Imron Rosyadi mengapresiasi kinerja kepolisian. Imron berharap masyarakat turut andil memerangi peredaran miras.

"Cirebon ini kan dikenal sebagai Kota Wali. Tentunya miris melihat barang bukti miras ini banyak sekali, sampai 10 ribu botol. Kami berharap masyarakat untuk berhenti mengonsumsi miras," kata Imron.

(mud/mud)