Pandemi Corona

Ungkapan Kecewa Ridwan Kamil ke Warga yang Nekat Berdesakan Belanja-Mudik

Wisma Putra - detikNews
Jumat, 22 Mei 2020 09:35 WIB
Postingan Ridwan Kamil
Postingan Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Foto: Wisma Putra/detikcom).
Bandung -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyesalkan masyarakat yang masih mementingkan membeli baju Lebaran tanpa memikirkan protokol kesehatan. Bentuk kekecewaan itu, diposting di Instagram pribadinya.

Seperti dilihat detikcom, Jumat (22/5/2020) di Instagram @ridwankamil, pria yang karib disapa Kang Emil ini memposting dua foto lengkap dengan keterangannya.

Foto pertama, yaitu kolase foto screenshot berita media massa yang menggambarkan warga berdesak-desakan dipusat perbelanjaan dan berita peningkatan jumlah pasien positif COVID-19. Foto kedua, Kang Emil mengimbau kepada masyarakat agar tidak mudik.

"Tidak bisa disiplin menahan nafsu belanja baju baru, ini adalah akibatnya dalam 2 hari ini. Hari ini hampir tembus di 1.000 orang yang positif COVID-19 dalam sehari. Tahan belanja yang tidak urgent dan tahan tidak mudik dulu," kata Kang Emil dalam keterangan tertulisnya.

"Mari disiplin jika kita ingin menang melawan corona dan kembali berkehidupan yang normal dengan beradaptasi di normal baru," tambahnya.

Sebelumnya, Kamis (21/5) kemarin di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kang Emil juga mengimbau agar masyarakat tidak mudik.

"Saya imbau warga Jawa Barat menahan diri, jangan beli baju baru, karena Idul Fitri ini adalah kemenangan kita terhadap nafsu, Idul Fitri bukan tentang beli baju baru dan tetap silaturahminya adalah menahan nafsu. Silaturahmi bisa ditunda, membeli baju bisa ditunda, situasinya masih seperti ini," ujarnya.

(wip/mso)