Hasil Rapid Test Massal di Ciamis, 4 Orang Terindikasi Reaktif

Dadang Hermansyah - detikNews
Senin, 18 Mei 2020 18:08 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Ciamis -

Pemkab Ciamis telah melakukan rapid-swab test massal terhadap pedagang, pelayan toko dan masyarakat di empat titik pasar dan pertokoan, Senin (18/5/2020). Hasilnya dari 92 rapid dan 110 swab yang dites, sebanyak empat orang terindikasi reaktif.

Laporan hasil tes rapid dan swab test dari Dinas Kesehatan Ciamis, untuk Pasar Manis Ciamis jumlah diperiksa rapid sebanyak 25 orang dan swab 56 orang. Hasil pemeriksaan rapid tidak terindikasi covid reaktif.

Lalu pelaksanaan tes di pertokoan Yogya, jumlah diperiksa rapid sebanyak 24 orang dan swab 44 orang. Hasil pemeriksaan rapid tidak terindikasi covid reaktif. Di Pasar Galuh Kawali, jumlah diperiksa rapid 21 orang dan swab 8 orang. Hasil pemeriksaan rapid, ada 2 orang terindikasi reaktif.

Untuk di Toko Setia, jumlah diperiksa rapid 22 orang dan swab 4 orang. Hasil pemeriksaan rapid ditemukan 2 orang terindikasi reaktif.

"Hasil pemeriksaan rapid saat ini, empat orang terindikasi reaktif dari Pasar Galuh Kawali dua orang dan Toko Setia dua orang," ujar Ketua Tim Penanganan Kasus (PIK) COVID-19 Ciamis Eni Rochaeni.

Penanganan lanjutan, pihaknya telah melakukan swab test terhadap 4 orang tersebut dan hasilnya akan diketahui seminggu kemudian. Terhadap 4 orang terindikasi reaktif dilakukan isolasi mandiri dengan pemantauan dari petugas kesehatan.

"Kita tracing dan isolasi mandiri sambil menunggu hasil swab. Kita gali lebih detail lagi terkait riwayat perjalanan dan lainnya. Kondisi mereka dalam keadaan sehat," tutur Eni.

(bbn/bbn)