Melihat Megahnya Masjid Ath-Thoyyibah di Subang Berbentuk Kabah

Dian Firmansyah - detikNews
Senin, 18 Mei 2020 02:44 WIB
Masjid di Subang dibangun berbentuk Kabah
Masjid Ath-Thoyyibah di Subang (Foto: Dian Firmansyah/detikcom).
Subang -

Berdiri wilayah Desa Kalijati Timur, Kecamatan Kalijati, Kabupaten Subang, masjid dengan nama Ath-Thoyyibah ini berdiri megah dan mengagumkan. Bagaimana tidak, Ka'bah yang selalu dirindukan oleh setiap muslim di dunia kini menjelma dalam sebuah bangunan masjid di Subang.

Bangunan masjid berbentuk persegi ini, sengaja dibangun sama persis dengan Ka'bah yang ada di Kota Mekah, baik tinggi masjid, lebar maupun ukuran luas mesjid dibuat nyaris sama. Bahkan masjid ini dilengkapi kaligrafi yang sama persis dengan Kiswah (penutup kain) Ka'bah.

Menurut Ketua DKM Mesjid Ath-Thoyyibah Ustad Sayyid Kaliwon, mesjid ini dibangun atas dasar unek-unek sesepuh Kalijati yang ketika itu tengah melaksanakan umrah. Ia berkeinginan membangun mesjid menyerupai Ka'bah di Mekah.

"Mesjid ini dibangun oleh bapak haji Kusman yaitu sespuh Kalijati, untuk melaksanakan unek-unek dia sendiri, karena dia waktu ke tanah suci punya unek-unek istilahnya kalo dia pulang dari tanah suci dengan selamat istilahnya ingin membuat mesjid keluarga berbentuk Ka'bah," ucap Ketua DKM kepada detikcom, Minggu (17/05/2020).

Uniknya lagi, selain bangunan yang menyerupai Ka'bah, di mesjid ini dibangun replika sejumlah ikon sakral seperti yang ada di area Ka'bah seperti Maqam Nabi Ibrahim yang dibangun di depan samping pintu masuk masjid, replika Hajar Aswad yang juga dibangun di pojok bangunan masjid samping pintu masuk.

Di bagian depan dibangun sebuah bangunan setengah melingkar yang menyerupai Hijir Ismail dan di halaman masjid dibangun Bukit Safa-Marwah serta deretan tanaman palem yang mengillustrasikan di tengah padang pasir.

"Alhamdulillah kegiatan di sini selain untuk shalat berjamaah setiap harinya, tujuannya untuk Islamic Center tapi belum jadi ini sebuah pelengkap saja jadi didahulukan masjid. Ada tempat Sa'i-nya, tempat tawaf menyerupai di sana (Kabah Mekkah)," ujarnya pungkasnya.

Sementara para pengunjung ataupun warga yang datang ke lokasi ini mengaku takjub melihat masjid Ka'bah ini. Mereka menjadi tahu ikon yang terdapat di Mekah.

"Baru dua kali ke sini, bagus kayak kita berada di Mekah ada prasasti jejak nabinya. Belum pernah ke Mekah, mau sih," ucap Rizal usai melaksanakan shalat di mesjid itu.

Rencananya di lokasi ini akan dijadikan Islamic Center dengan segala kegiatannya termasuk kerap digunakan untuk manasik haji. Diharapkan dengan adanya masjid ini masyarakat dapat lebih meningkatkan ibadah shalat berjamaah dan terinspirasi untuk segera melaksanakan ibadah haji.

(mso/mso)