Jelang Lebaran, Harga Ayam dan Bawang Merah di Sumedang Naik

Muhamad Rizal - detikNews
Minggu, 17 Mei 2020 10:41 WIB
Harga daging ayam dan bawang merah di Sumedang naik jelang lebaran
Harga daging ayam dan bawang merah di Sumedang naik jelang lebaran (Foto: Muhamad Rizal)
Sumedang -

Menjelang hari lebaran, harga sejumlah kebutuhan pokok di pasar Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, merangkak naik. Terutama untuk daging ayam dan bawang merah.

Menurut salah seorang pedagang, Rodiah Karwati (43), harga bawang merah ini sudah lama mengalami kenaikan secara bertahap.

"Udah lama sebetulnya naeknya kurang lebih dari bulan Februarian, pas lagi wabah corona aja. Tapi naiknya sedikit-sedikit nggak sekaligus," kata Rodiah saat ditemui di Pasar Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, Minggu (17/5/2020).

Rodiah menyebutkan harga bawang merah sempat turun. Namun, tak lama berselang naik lagi. Harga bawang merah saat ini berkisar Rp 50.000 per kilogram, awalnya seharga Rp 32.000 per kilogram.

"Terus kemarin-kemarin juga sempat turun harganya tapi sekarang naik lagi, memang dari sana nya naik. Ada yang bilang katanya gara-gara virus Corona," ucapnya.

Selain itu, pedagang ayam potong, Ajay mengaku harga ayam potong ini mengalami kenaikan berkisar 20 persen saat menjelang hari raya Idul Fitri

"Kemungkinan sih bisa lebih dari Rp 40 ribu kalo ikan dari munggahan sempat anjlok juga sampai Rp 26 ribu per kilogram kalo sekarang kan kurang lebih Rp 10 ribu per kilogram kenaikannya," kata Ajay

Bahkan kata Jaya, pada tahun ini tidak ada peningkatan pembeli, pasalnya saat ini waktu untuk berjualan sangat terbatas. Selain itu juga sedang ada penerapan Perbatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Kalau pembeli sih dari tahun kemarin dari tahun kemarin jauh drastis menurun kalo sekarang apalagi ada peraturan PSBB terus batas waktu juga jadi dikurangi sampai jam 12 siang harus udah tutup," katanya.

(mud/mud)