Pandemi Corona

MUI Kota Bandung Imbau Warga Salat Idul Fitri di Rumah

Wisma Putra - detikNews
Jumat, 15 Mei 2020 16:50 WIB
Poster
Ilustrasi warga beraktivitas di tengah pandemi Corona. (ilustrator: Edi Wahyono)
Bandung -

MUI Kota Bandung mengimbau masyarakat agar melaksanakan salat id di rumah masing-masing. Hal tersebut sesuai arahan MUI Pusat berkaitan pelaksanaan salat Idul Fitri 2020 di tengah pandemi Corona atau COVID-19.

Imbauan itu disampaikan melalui Surat Edaran MUI Kota Bandung Nomor :516/A/MUI-KB/V/2020 tentang pelaksanaan salat Idul Fitri. "Khusus untuk salat Idul Fitri, kami imbau agar salat Idul Fitri dilaksanakan di rumah masing-masing dengan keluarga, teknis pelaksanaannya sama dengan yang biasanya," kata Ketua MUI Kota Bandung Miftah Farid di kantor MUI Kota Bandung, Jumat (15/5/2020).

Sebagaimana difatwakan oleh MUI Pusat, ia menjelaskan, pihaknya mengajak masyarakat untuk disiplin menaati protokol kesehatan di zona merah. "Insyaallah sebagaimana difatwakan juga didukung oleh seluruh ormas Islam, bahwa salat Idul Fitri di rumah juga sama. Insyaallah pahalanya juga sama," tutur Miftah.

MUI Kota Bandung mengingatkan masyarakat tetap menaati protokol kesehatan COVID-19 guna mencegah penularan Corona. Miftah juga mewanti-wanti warga agar tidak menggelar salat Idul Fitri di lapangan atau area lainnya.

"Agak riskan kalau kita melakukan salat berjamaah di lapangan. Seperti kita ketahui, penularan juga datang dari seseorang yang tidak diduga. Bahwa itu ternyata positif, atau sebaliknya, kita yang menularkan," ucap Miftah.

Selain itu, ia berharap warga tidak berkerumun saat momen Lebaran tahun ini. "Mari kita laksanakan dengan ikhlas di rumah masing-masing," kata Miftah.

(wip/bbn)