Ridwan Kamil Segera Putuskan Daerah yang Boleh Salat Id Berjamaah

Yudha Maulana - detikNews
Kamis, 14 Mei 2020 15:53 WIB
Ridwan Kamil segera putuskan daerah yang boleh gelar salat id
Ridwan Kamil (Foto: Yudha Maulana)
Bandung -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan mengumumkan daerah mana saja yang bisa melaksanakan Salat Idul Fitri 1441 secara berjamaah pekan depan, atau tepatnya setelah evaluasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tingkat provinsi selesai dilakukan.

Sebelumnya, terbit Fatwa MUI Nomor 28 Tahun 2020 tentang Panduan Kaifiat Takbir dan Salat Idul Fitri saat Pandemi COVID-19 yang diterbitkan pada Rabut (13/5/2020). Dalam pelaksanaan sunah muakad itu, MUI membuat spesifikasi jika warga ingin menggelar salat secara berjamaah.

Salah satunya adalah, daerah yang akan dijadikan tempat salat berjamaah harus aman dan terkendali dari penyebaran COVID-19. "Ya fatwa MUI kan dua, kepada daerah yang masih darurat itu fatwanya salat idul Fitri di rumah, kepada daerah yang memang terkendali memang ada peluang syariatnya untuk melaksanakan di luar tapi berjarak," ujar pria yang akrab disapa Kang Emil itu, Kamis (14/5/2020).

"Nah di manakah yang boleh dan tidak? Itu nanti diputuskan pekan depan. Bisa saja menurut evaluasi, enggak bisa nih semua level empat masih, maka Idul Fitri 100 persen di rumah ya. Atau ada yang turun ke level tiga, kalau level tiga juga belum boleh ya kegiatan yang kerumunan," ucapnya.

Menurut Kang Emil, salat berjamaah atau pelonggaran diberikan bagi daerah yang masuk level 2, yaitu kegiatan kembali 100 persen tapi tetap memperhatikan protokol kesehatan.

"Jadi kalau ada masyarakat yang menerjemahkan, saya mohon tunggu pengumuman apakah daerahnya boleh atau tidak boleh, jangan menafsir sendiri bahwa kayanya boleh. Belum tentu, pemerintah lah yang memutuskan kelurahan dan kecamatan mana yang boleh dan tidak boleh itu di pekan depan," ujarnya.

(yum/mud)